Gubernur Edy Rahmayadi Harap 4 Proyek Strategis di Sumut Bisa Dorong Ekonomi
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. (Instagram/edy_rahmayadi)
News
Kota Medan

Gubernur Edy Rahmayadi Harap 4 Proyek Strategis di Sumut Bisa Dorong Ekonomi

Jumat, 26 Maret 2021 09:00 WIB 26 Maret 2021, 09:00 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap empat proyek strategis pemerintah yang berada di Sumut bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Proyek strategis di Sumut yakni KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Danau Toba, KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Sei Mangkei, Food Estate Humbang Hasundutan dan Kawasan Industri Kuala Tanjung bersama pelabuhannya," kata Edy melansir Antara, Jumat (26/3).

Empat kawasan strategis nasional itu diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Sebab, pada 2020, pertumbuhan ekonomi Sumut terkontraksi cukup dalam atau minus 1,07 persen dari 2019 yang sudah sebesar 5,22 persen. Diharapkan pada 2021, perekonomian Sumut bisa lebih baik.

Menurut dia, manfaat empat kawasan strategis nasional itu akan semakin dirasakan dengan cepat oleh pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan masyarakat, kalau proyek itu juga semakin melibatkan pemerintah daerah dan masyarakatnya.

Apalagi, selain empat proyek strategis itu, ada empat proyek strategis daerah yang juga masih berkolaborasi dengan pusat.

Mulai Rusunawa terintegerasi Sei Mangkei, Sport Centre, jalur kereta api Pematangsiantar-Parapat dan Light Rapid Transit (LRT) Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang).

"Proyek-proyek strategis itu benar-benar diharapkan memberikan dampak besar pada pembangunan Sumut," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU