Curanmor 'Becak Hantu' di Medan Diciduk, Modus Pura-pura Ambil Makanan Sisa untuk Ternak  
Tangkapan layar video CCTV saat terjadi pencurian sepeda motor modus 'becak hantu' di Medan. (CCTV/Screenshot)
News
Kota Medan

Curanmor 'Becak Hantu' di Medan Diciduk, Modus Pura-pura Ambil Makanan Sisa untuk Ternak  

Jumat, 10 Juli 2020 12:07 WIB 10 Juli 2020, 12:07 WIB

INDOZONE.ID - Pencurian sepeda motor (curanmor) menggunakan becak atau dikenal dengan becak hantu di Medan meresahkan masyarakat belakangan ini. Terbaru, aksi pencurian sepeda motor bemodus serupa terjadi di kawasan Jalan Letda Sujono, Kecamatan Percut Sei Tuan, akhir Juni lalu dan terekam melalui CCTV dan viral di medsos.

Dalam pemaparan, Jumat (10/7), Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko mengungkapkan, komplotan curanmor tersebut telah lama diburu polisi. Komplotan ini kerap menjalankan aksinya saat tengah malam. Modusnya, mengangkut sepeda motor curian ke dalam becak.

Berbekal rekaman CCTV, tim Jatanras Polrestabes Medan akhirnya menangkap satu dari empat pelaku berinisial RSF alias Nani, warga Perumnas Mandala.

"Tim berhasil mengungkap dan menangkap salah satu tersangka," ujar Riko dalam paparannya, Jumat (10/7/2020).

Adapun modus operandi, jelas Riko, pelaku berpura-pura mencari makanan ternak dengan menggunakan becak motor pengangkut barang saat malam hari. Namun, sebenarnya mereka mengincar motor yang terparkir di halaman rumah warga. 

Dalam melakukan aksinya, pelaku ini mematahkan setir motor mengangkutnya dengan becak. 

"Pengakuan awal pelaku yang tertangkap ada dua TKP dan kami juga sedang mengejar rekan pelaku lainnya," kata Riko.

Dari penangkapan kemudian diketahui bahwa tersangka RFS merupakan residivis curanmor. Saat beraksi, dia berperansebagai eksekutor. 

Dari penangkapan itu, polisi juga menyita sejumlah barang bukti di antaranya becak motor yang digunakan pelaku saat beraksi, jaket dan uang sisa hasil kejahatan. Tersangka kini dijerat pasal pencurian dan terancam hukuman sembilan tahun penjara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US