Petani di Lereng Sinabung Kembangkan Tembakau Berkualitas, Sudah Diekspor ke Malaysia
Petani tembakau di di Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo. (Antara/Donny Aditra)
News
Kab. Karo

Petani di Lereng Sinabung Kembangkan Tembakau Berkualitas, Sudah Diekspor ke Malaysia

Sabtu, 27 Februari 2021 12:11 WIB 27 Februari 2021, 12:11 WIB

INDOZONE.ID - Sejumlah petani di lereng Gunung Sinabung, tepatnya di Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo mengembangkan tanaman tembakau berkualitas.

Mengutip laporan Antara, Sabtu (27/2), seorang petani tembakau, Dalangit beru Sitepu mengatakan hasil tembakau olahannya telah dikirimkan ke Kota Medan, sejumlah kota di Pulau Jawa, Bali, dan bahkan hingga ke Malaysia.

"Petani tembakau di sini sudah bertahun-tahun. Kami menghasilkan tembakau ini dapat kira-kira 200 kilo per bulan. Kami mengirim ke Batam, kadang-kadang ke Malaysia juga dan akhir-akhir ini ke Bali," kata dia.

Petani tembakau lainnya, Rosmida beru Sebayang, mengaku telah menjadi petani tembakau sejak puluhan tahun lalu dan hingga kini telah menghasilkan sekitar 200 kilogram tembakau kunyah siap edar perbulannya.

Tembakau yang dihasilkannya juga biasa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat rokok kretek.

Dia yakin, tembakau di desanya berkualitas ekspor yang tidak kalah dengan wilayah lain di indonesia yang menjadikan tembakau sebagai komoditas utama warganya.

"Kalau untuk diproduksi ke luar negeri pun kualitas tembakau kita bagus, kualitasnya pun terjamin. Ini enggak ada efek sampingnya, obatnya juga enggak banyak dan enggak beracun. Kalau kami dapatkan bagus hari, sebulannya kami dapat 200 kilo," ujar dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US