Demi Masyarakat, Bupati Tapsel Harap Masalah Tapal Batas dengan Tapteng Segera Selesai
Peta wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan. (Google Maps)
News
Kab. Tapanuli Selatan

Demi Masyarakat, Bupati Tapsel Harap Masalah Tapal Batas dengan Tapteng Segera Selesai

Rabu, 26 Mei 2021 11:54 WIB 26 Mei 2021, 11:54 WIB

INDOZONE.ID - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P Pasaribu berharap permasalahan tapal batas dengan kabupaten tetangga, yakni Tapanuli Tengah (Tapteng) dapat segera selesai. Hal ini dilakukan demi kepentingan masyarakat.

"Demi kepentingan masyarakat sekuat tenaga dan pikiran soal tapal batas yang sejak lama akan kita perjuangkan bisa selesai," kata Dolly melansir Antara, Rabu (27/5).

Dolly mengatakan pihaknya telah memenuhi undangan Kemendagri dan Pemprov Sumut untuk membahas permasalahan perbatasan antara Tapsel dan Tapteng.

"Dari hasil pertemuan berjalan alot saling ngotot hingga belum ada titik terang, karena saling klaim masuk wilayahnya masing-masing yang pada muaranya kesimpulan rapat di pihak Pusat (Kemendagri) dan Provinsi Sumut (Gubernur)," kata dia.

Pada 25 tahun silam, saat Tapteng dipimpin oleh Bupati Panusunan Pasaribu, yang merupakan ayah dari Dolly mengklaim Desa Lumut dan Desa Maju Lumut Nauli di Kecamatan Lumut dan Desa Sihapas, Kecamatan Suka Bangun adalah wilayah Tapteng.

Namun menurut peta dan hasil survei, ketiga desa tersebut berdasarkan titik koordinat sudah masuk ke wilayah Tapsel. Ketiga desa tersebut sudah menyeberangi batas alam, yakni Sungai Garoga yang masuk ke wilayah dekat Desa Simarlelan dan Desa Pardamean, Kecamatan Muara Batang Toru, Tapsel.

"Saya optimis dari sejarah dan peta hasil survei bahwa wilayah yang sudah menyeberangi Sungai Garoga yang di klaim Tapteng itu adalah masuk wilayah administratif Tapsel. Tapi kita pertahankan kepentingan masyarakat kita," kata Dolly.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US