Buntut Viral, Ombudsman Ungkap Tabung Oksigen RS Pirngadi 3 Tahun Tak Dikalibrasi
Pekerja mengisi ulang tabung oksigen untuk kebutuhan medis di Banda Aceh, Aceh, Selasa (18/5). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
News
Kota Medan

Buntut Viral, Ombudsman Ungkap Tabung Oksigen RS Pirngadi 3 Tahun Tak Dikalibrasi

Sabtu, 05 Juni 2021 15:08 WIB 05 Juni 2021, 15:08 WIB

INDOZONE.ID - Ombudsman Perwakilan Sumut mengungkapkan bahwa pihak RS Pirngadi Medan dalam tiga tahun terakhir tidak pernah mengajukan permohonan kalibrasi (pengujian alat regulator oksigen).

Temuan itu didapatkan saat Ombudsman Perwakilan Sumut memanggil Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Medan soal kasus viral pemberiaan tabung oksigen kosong kepada pasien hingga meninggal dunia beberapa waktu lalu.

"Terungkap bahwa RS Pirngadi sejak 2018 hingga 2021 tidak pernah mengajukan permohonan kalibrasi atau pengujian alat regulator oksigen," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar melansir Antara, Sabtu (5/6).

Kepala BPFK Medan Wahyudi Ifani mengatakan bahwa kalibrasi merupakan hal penting untuk dilakukan, terutama untuk alat-alat kesehatan yang berada di ruangan IGD dan ICU.

"Karena alat-alat itu digunakan untuk diagnosis awal. Kalau terjadi hal kesalahan seperti terjadi sekarang, mungkin dampaknya pada pasien," kata Wahyudi.

Wahyudi sendiri tak memungkiri bahwa RS Pirngadi ada mengajukan kalibrasi, tetapi terhadap alat-alat kesehatan lainnya bukan regulator oksigen.

"Memang secara pengajuan kalibrasi selama beberapa tahun terakhir ini RS Pirngadi tidak mengajukan kalibrasi yang terkait regulator oksigen, hanya ada alat-alat kesehatan yang lain," ujar dia.

Terkait apakah akan ada sanksi bagi pihak rumah sakit yang tidak melakukan kalibrasi, Wahyudi mengatakan tidak ada aturan khusus pemberlakuan sanksi.

"Diperaturan untuk masalah pengujian kalibrasi itu tidak ada tertulis langsung sanksi, yang mendorong beberapa rumah sakit melakukan kalibrasi itu karena ada peraturan terkait akreditasi dan kerjasama dengan BPJS," ungkap dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US