Malaysia Kembali Lockdown, 20 Ribu Pekerja Migran Indonesia Menunggu Dipulangkan
Para pekerja migran Indonesia dari Malaysia yang baru tiba di Bandara Kualanamu, Delisedang. (Foto: Istimewa)
News
Internasional

Malaysia Kembali Lockdown, 20 Ribu Pekerja Migran Indonesia Menunggu Dipulangkan

Jumat, 20 Agustus 2021 16:33 WIB 20 Agustus 2021, 16:33 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Malaysia kembali mengambil kebijakan penguncian wilayah (lockdown) untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19. Akibatnya sebanyak 20.000 pekerja migran Indonesia ikut terdampak. Mereka saat ini tengah menunggu untuk dipulangkan dari Malaysia.

Salah satu anggota DPRD Sumut, Tuahman mengatakan ada sekitar 20 ribu pekerja migran yang belum dipulangkan. Sementara saat itu dirinya sedang meninjau kepulangan 152 orang pekerja migran di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), pada Kamis (19/8/2021).

Diketahui 152 orang Pekerja Migran Indonesia tersebut dipulangkan dengan menggunakan maskapai Malindo Air. Mereka kebanyakan berasal dari Sumut, Aceh, Riau dan Sumatera Selatan.

Setibanya di Bandara Kualanamu, satu persatu para pekerja migran mengikuti pemeriksaan sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku. Mereka diperiksa oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan.

Setelah menjalani pemeriksaan, 152 orang pekerja migran itu dibawa ke salah satu hotel di Jalan Darusalam, Kota Medan untuk menjalani karantina sebelum akhirnya diperbolehkan pulang ke daerahnya masing-masing.

Tuahman pun menjelaskan, saat ini Pemerintah Indonesia terus berusaha untuk memulangkan 20 ribu pekerja migran yang masih berada di Malaysia. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri juga sudah memasok logistik untuk mereka sembari terus berupaya melakukan proses pemulangan.


Artikel Menarik lainnya:

Astaga Nenek 59 Tahun di Tebing Tinggi Dibekuk Polisi Gegara Sabu
Pria Pencuri Sarang Walet Diringkus Tim Mawar Polsek Barumun, Satu Rekannya Buron
Biaya Tes PCR di Bandara Kualanamu Turun Jadi Rp525 Ribu, Hasilnya 1x24 Jam

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US