Pemerintah Akhirnya Larang Tenaga Kerja Asing Masuk Indonesia
Warga berjalan di area Terminal 2D yang sepi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (17/7). (ANTARA FOTO/Fauzan)
News
Nasional

Pemerintah Akhirnya Larang Tenaga Kerja Asing Masuk Indonesia

Kamis, 22 Juli 2021 09:10 WIB 22 Juli 2021, 09:10 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly akhirnya resmi melarang Tenaga Kerja Asing (TKA) masuk Indonesia. Aturan tersebut tertuang dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa PPKM Darurat.

Yasonna dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/7) menyebutkan orang asing yang boleh memasuki wilayah Indonesia saat ini hanya bagi pemegang Visa Diplomatik dan Visa Dinas, pemegang Izin Tinggal Diplomatik dan Izin Tinggal Dinas, pemegang Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap, orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, serta awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

Aturan yang resmi berlaku sejak 21 Juli 2021 ini membuat TKA yang mengerjakan proyek strategis nasional tak lagi bisa masuk ke Tanah Air. Dengan demikian, aturan ini diharapkan dapat menekan angka penyebaran Covid-19.

"Perluasan pembatasan orang asing yang masuk ke Indonesia ini dilakukan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19," kata Yasonna.

Yasonna menambahkan bagi orang asing yang masuk dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan fungsi penanganan Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US