Pertumbuhan Ekonomi Sumut Tahun 2021 Diprediksi Capai 4-5 Persen
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara. (Google Maps)
News
Kota Medan

Pertumbuhan Ekonomi Sumut Tahun 2021 Diprediksi Capai 4-5 Persen

Jumat, 16 April 2021 10:05 WIB 16 April 2021, 10:05 WIB

INDOZONE.ID - Bank Indonesia memprediksi ekonomi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2021 dapat tumbuh hingga 4-5 persen. Hal itu didorong mulai menggeliatnya kembali perekonomian.

"Pertumbuhan ekonomi 2021 diprediksi membaik, setelah tahun 2020 mengalami kontraksi 1,07 persen dibanding capaian tahun 2019 sebesar 5,22 persen, " ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut, Soekowardojo melansir Antara, Jumat (16/4).

Dia menyebutkan prediksi perekonomian Sumut yang lebih baik di 2021 mengacu kepada beberapa faktor. Mulai menggeliatnya perekonomian seperti ekspor yang tren meningkat.

Kemudian dari impor yang juga diprakirakan menguat sejalan dengan perbaikan industri akibat aktivitas domestik yang meningkat dan perbaikan pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

"Perekonomian yang membaik memang diakui sangat tergantung juga pada pelaksanaan program vaksinasi Covid-19," katanya.

Semakin bisa ditekan jumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19, maka geliat ekonomi Sumut semakin baik.

Soekowardojo menegaskan, kebijakan pemulihan ekonomi perlu terus diperkuat antara lain melalui lima strategi respon kebijakan.

Lima strategi respon kebijakan itu yakni pembukaan sektor produktif dan aman, percepatan stimulus fiskal (realisasi anggaran).

Kemudian, peningkatan kredit dari sisi permintaan dan penawaran, stimulus moneter dan kebijakan makroprudensial serta digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya UMKM.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU