Kabur Usai Ditetapkan Tersangka Korupsi, Kades di Labuhanbatu Terancam Hukuman Mati
Tersangka kasus dugaan korupsi Dana Desa, Sarpin ditetapkan sebagai DPO oleh Kejari Rantauprapat. (Dok. Istimewa)
News
Kab. Labuhanbatu Utara

Kabur Usai Ditetapkan Tersangka Korupsi, Kades di Labuhanbatu Terancam Hukuman Mati

Selasa, 22 September 2020 16:16 WIB 22 September 2020, 16:16 WIB

INDOZONE.ID - Sarpin, Kepada Desa (Kades) Bulunghit, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Rantauprapat. Dia terlibat dalam kasus dugaan korupsi Dana Desa sebesar Rp960 Juta di Tahun 2016-2019.

Setelah dijadikan tersangka, dia berulang kali mangkir dari panggilan pemeriksaan hingga pemanggilan ulang terakhir dilakukan pada Kamis (17/9). Hingga pada akhirnya, Kejari Rantauprapat mengeluarkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap Sarpin, Jumat (18/9).

"Surat DPO diterbitkan setelah yang bersangkutan tiga kali tidak hadir dipanggil untuk menghadap penyidik Pidsus" ungkap Kajari Labuhanbatu melalui Kasi Pidsus, M Husairi, Selasa (22/9).

Husairi kemudian menyebutkan ciri-ciri fisik tersangka DPO seperti bertubuh gempal, dengan tinggi 160 sentimeter, wajah lonjong, dan kulit sawo matang.

Dengan ciri-ciri yang telah disebutkan, Husairi berharap, bagi masyarakat yang melihat tersangka agar segera memberikan informasi ke Kantor Kejari Rantauprapat.

"Kami meminta masyarakat yang melihat Sarpin agar dapat memberikan informasi ke Kantor kejaksaan Negeri Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu," ujar dia.

Sementara itu, Kasi Intelijen, Syahron Hasibuan mengatakan kasus perkara pidana korupsi memiliki masa kadaluarsa, yakni selama 18 tahun.

"Masa penuntutan, sesuai pasal 78 ayat 1 KUHP, kadaluarsa penuntutan pidana yang diancam pidana mati atau pidana seumur hidup sesudah 18 tahun. Pidana korupsi masuk dalam kategori itu," ujar Husairi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US