Ini Alasan Warga di Madina Tuntut Kades Mundur
Kerusuhan terjadi di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Senin (29/6/2020). (ANTARA)
News
Kab. Mandailing Natal

Ini Alasan Warga di Madina Tuntut Kades Mundur

Rabu, 01 Juli 2020 10:57 WIB 01 Juli 2020, 10:57 WIB

INDOZONE.ID - Aksi massa yang menuntut Kepala Desa (Kades) Mompang Julu, Panyabungan Utara, Mandailing Natal (Madina) untuk mundur berakhir rusuh pada Senin (29/6).

Massa memblokir jalan, melakukan pelemparan batu, dan membakar satu unit mobil Wakapolres.

Aksi massa itu menuntut Kades Mompang Julu, Hendri Hasibuan untuk mundur karena diduga telah melakukan penyelewangan terhadap Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu yang berasal dari Dana Desa.

Dalam Peraturan Menteri Desa (Permendes), BLT diberikan kepada masyarakat sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga (KK) secara tiga tahap.

Namun dalam kebijakan Kades Mompang Julu, masyarakat diberikan BLT sebesar Rp200 ribu per KK alias dipotong Rp400 ribu dan hanya satu tahap pula.

Atas dasar itu, warga Mompang Julu menilai bahwa Kades Mompang Julu, Hendri Hasibuan tidak transparan dalam mengelola anggaran BLT dan bantuan sosial.

Kades juga diduga melakukan KKN bersama jajarannya terkait pembagian BLT yang tidak merata, hal itu bisa dilihat masih banyak warga lanjut usia dan ekonomi lemah tidak menerima BLT.

Saat melakukan aksi unjuk rasa, warga menyampaikan empat mosi tidak percaya. Pertama, masyarakat meminta klarifikasi dan informasi ke Kades soal anggaran BLT tahun 2018-2020 yang diduga disalahgunakan. Kedua, meminta Bupati Madina untuk mencabut SK Kades.

Ketiga, meminta inspektorat melaksanakan tugasnya di lapangan saat memeriksa Kades, dan keempat meminta aparat penegak hukum untuk memeriksa dan apabila terbukti menangkap Kepala Desa Mompang Julu.

Hasil dari unjuk rasa tersebut, Kades Hendri Hasibuan kemudian mengundurkan diri. Warga Mompang Julu menyambutnya dengan senang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU