Berikut Efek Samping Vaksin Covid-19 AstraZeneca yang Baru Dapat Izin BPOM
Vaksin Covid-19 AstraZeneca. (REUTERS/Dado Ruvic)
News
Nasional

Berikut Efek Samping Vaksin Covid-19 AstraZeneca yang Baru Dapat Izin BPOM

Kamis, 11 Maret 2021 15:26 WIB 11 Maret 2021, 15:26 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia menerima sekitar 1,1 juta vaksin Covid-19 AstraZeneca beberapa waktu lalu. Vaksin tersebut pun telah mendapat izin dari BPOM RI untuk penggunaan darurat.

Sama seperti vaksin-vaksin sebelumnya, seperti apa efek samping yang ditimbulkan dari vaksin Covid-19 AstraZeneca?

Melansir Antara, mengutip Reuters, Kamis (11/3), dalam sebuah laporan menunjukkan bahwa efek samping yang mungkin dialami seseorang usai disuntik vaksin AstraZeneca antara lain mengalami suhu tinggi atau sakit kepala.

Namun, kondisi tersebut merupakan tanda normal tubuh menghasilkan respons imun. Kondisi ini biasanya pulih dalam satu atau dua hari.

"Antara 10 dan 15 persen dari mereka yang divaksinasi mungkin mengalami efek samping tetapi hanya sebatas demam, mual dan dalam waktu 12 jam hilang," kata manager komunikasi Saint-Lo hospital di Normandy, Prancis, Melanie Cotigny.

Berdasarkan percobaan dan pengalaman, vaksin Covid-19 AstraZeneca dinilai aman dan efektif. Bahkan vaksin ini telah digunakan di lebih dari 50 negara di dunia.

Regulator Uni Eropa memastikan bahwa vaksin Covid-19 AstraZeneca efektif dan aman untuk digunakan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mendaftarkan vaksin tersebut untuk penggunaan darurat.

Sebelumnya, vaksin AstraZeneca tiba di Bandara Soekarno Hatta, Senin (8/3) petang dan disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Indonesia menerima pengiriman pertama vaksin AstraZeneca sebanyak 1.113.600 vaksin jadi, dengan total berat 4,1 ton, terdiri dari 11.136 karton vaksin.

Sebanyak 1.113.600 vaksin tersebut adalah bagian awal dari 'batch' pertama pemberian vaksin melalui jalur multilateral. Di mana melalui batch pertama Indonesia akan memeroleh 11.704.800 vaksin jadi.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US