Sikapi Teror Makhluk Misterius, Bupati Taput Gelar Rapat Khusus
Warga melakukan pemburuan terhadap mahkluk misterius yang diduga memangsa ternak warga di Taput. (Facebook/Mangatur Hutasoit)
News
Kab. Tapanuli Utara

Sikapi Teror Makhluk Misterius, Bupati Taput Gelar Rapat Khusus

Rabu, 24 Juni 2020 14:38 WIB 24 Juni 2020, 14:38 WIB

INDOZONE.ID - Menyikapi teror makhluk misterius yang memangsa ternak warga Tapanuli Utara (Taput), Bupati Taput Nikson Nababan menggelar rapat khusus dengan tim yang terdiri dari Dandim 0210/TU Letkol Czi Agus Widodo, Wakapolres Taput Muhmin Rambe, Tim BKSDA, tim pemburu binatang, Dinas Lingkungan Hidup Taput, Camat Siborongborong dan Kepala Desa Pohan Tonga, semalam, Selasa (23/6).

"Saya tegaskan penelitian dan perburuan tetap dilakukan dan tetap menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat, jangan menimbulkan keresahan masyarakat lagi karena saat ini masyarakat sudah mulai resah. Pihak Polres dan Kodim tetap melakukan patroli untuk menjamin keamanan masyarakat dan pihak BKSDA untuk tetap koordinasi dengan Dinas  Lingkungan Hidup dan Muspika," kata Bupati, seperti dilansir dari Antara, Rabu (24/6).

Menurut Nikson, saat ada binatang lainnya yang menjadi korban pemangsaan selanjutnya diminta agar segera dibawa ke rumah sakit untuk diautopsi, sehingga diketahui penyebab kematiannya, apakah bekas sayatan benda tajam atau oleh binatang buas.

Pada kesempatan itu, Kepala Seksi BBKSDA Wilayah IV Tarutung Manigor Lumbantoruan juga menyampaikan, hingga saat ini pihaknya belum bisa menyimpulkan pelaku pemangsaan ratusan ternak milik warga itu.

"Apabila kita teliti bekas luka yang ada dalam foto-foto binatang yang jadi korban tersebut, seperti ada kemungkinan seperti bekas benda tajam, tapi itupun belum bisa kita simpulkan karena hanya foto yang kita analisa. Bangkai binatang tersebut sudah sempat dikuburkan dan jejak kaki dan cakaran tidak jelas lagi, sudah kena hujan dan jejak kaki yang lain," tukasnya.

Sebelumnya, Senin (22/6), tim pemburu berhasil menemukan seekor binatang berbulu lebat berwarna hitam dan bertaring panjang. 

Binatang itu menyererupai serigala. Namun, ada juga yang menyebutkanya anjing hutan. Namun, pemburu belum yakin bahwa binatang itulah yang memangsa ternak warga.

"Sepertinya bukan ini target saya sebagai mahluk misteri yang di Desa Pargompulan," tulis Mangatur dalam akun Facebook-nya, Senin (22/6) malam.

Binatang liar itu berhasil mereka buru di Desa Silait-lait, dekat gua bernama Gua Bulu Serngem. 

Mangatur dan rekan-rekannya tidak yakin apalah binatang itu yang mereka incar. Sebab, dari ciri-ciri fisik dan korban yang dimangsa, tim tidak melihat ada kecocokan. 

Dari hasil pembicaraan dengan warga sebelumnya, makhluk itu diduga memiliki cakar yang panjang dan suka mencabik. Berdasarkan pengamatan warga terhadap ternak bebek yang dimangsa, mahkluk itu hanya menghisap darah mangsanya. 

Menurut warga, mahkluk misterius itu mungkin saja Sigulambak atau Homang yang dalam masyarakat Batak disebut juga mahkluk jadi-jadian, wujudnya hitam berbulu panjang, tinggal di hutan dan suka mencakar mangsanya. 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Tonggo Simangunsong

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU