Penataan Kawasan Kesawan Dinilai Dapat Tumbuhkan Investasi dan Bisnis di Kota Medan
Kawasan Kesawan Medan. (Google Maps)
News
Kota Medan

Penataan Kawasan Kesawan Dinilai Dapat Tumbuhkan Investasi dan Bisnis di Kota Medan

Jumat, 11 Juni 2021 09:02 WIB 11 Juni 2021, 09:02 WIB

INDOZONE.ID - Penataan kawasan Kesawan dinilai berpotensi menumbuhkan investasi serta bisnis di Kota Medan. Pendapat itu disampaikan oleh seorang akademisi FISIP USU, Nana Dyki Dirbawanto.

"Kita mendorong Pemkot Medan agar membuka peluang selebar-lebarnya bagi pihak swasta untuk ikut serta dalam penataan Kota Lama Kesawan, termasuk Gedung Warenhuis," kata Nana melansir Antara, Jumat (11/6).

Terlebih lagi, kata Nana, Pemko Medan sendiri juga melibatkan penanaman modal asing (PMA). Hal itu bertujuan untuk penataan kawasan Kesawan agar menjadi ikon masa depan Kota Medan.

Dia menyebutkan sejumlah kota di Indonesia telah berhasil melakukan penataan kawasan kota lama, seperti di antaranya Jalan Braga di Bandung, Kota Lama di Semarang, dan Kota Tua di Jakarta.

Menurut dia ketiga kawasan kota tua di Pulau Jawa tersebut menjadi merek dan daya tarik dalam mendatangkan wisatawan, sehingga berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya menilai langkah wali kota menata kawasan kota lama di Medan sudah tepat dan memang harus dilakukan. Tapi, pihak swasta dilibatkan. Kita tidak bisa lagi cuma mengandalkan APBD maupun APBN, karena anggarannya terbatas," jelas dia.

Nana menyarankan agar Pemko Medan memberikan jaminan keamanan agar pihak swasta tertarik untuk berinvestasi.

"Swasta harus merasa yakin, jika investasi di Kota Medan benar-benar terjamin. Selain itu, pembenahan birokrasi terutama dalam proses perizinan," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US