Terbukti Utang Rp70 Juta ke Febi di PN Medan, 'Bu Kombes' Berharap Jaksa Ajukan Kasasi
Terdakwa Febi Nur Amelia saat mendengar amar putusan hakim di PN Medan. (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Terbukti Utang Rp70 Juta ke Febi di PN Medan, 'Bu Kombes' Berharap Jaksa Ajukan Kasasi

Rabu, 07 Oktober 2020 16:00 WIB 07 Oktober 2020, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Terdakwa Febi Nur Amelia divonis bebas dalam kasus dugaan pencemaran nama baik oleh Pengadilan Negeri (PN) Medan pada Selasa (6/10). Dia terseret dalam kasus pelanggaran UU ITE setelah menagih utang kepada seorang yang dia sebut 'Bu Kombes' alias Fitriani Manurung lewat Instastory pada Februari 2020 lalu.

Dalam persidangan, hakim memutuskan Fitriani terbukti telah berutang kepada Febi sebesar Rp70 juta. Hal itu dibuktikan adanya dua kali transfer dari pihak Febi kepada suami Fitriani, yakni Kombes Pol Drs Ilsaruddin.

Fitriani menilai, putusan hakim PN Medan tidak adil baginya. Karena merasa kecewa, dia pun berharap jaksa mengajukan kasasi terhadap putusan tersebut.

"Ya saya terus terang sangat merasa kecewa atas putusan majelis hakim. Saya merasa putusan ini tidak adil bagi saya dan saya akan serahkan semuanya ini ke Kejaksaan Tinggi untuk memproses hukumnya yang lebih tinggi lagi. Kan masih ada kasasi, kita masih bisa kasasi. Jaksa masih bisa kasasi," kata Fitriani di hadapan wartawan, Rabu (7/10).

Menurut Fitriani, dia melaporkan Febi terkait pencemaran nama yang berujung pada pelanggaran UU ITE, bukan persoalan utang-piutang. Bahkan, dia membantah memiliki utang kepada Febi.

"Kalau kasus utang-piutang, harusnya dibuktikan dulu utang-piutangnya. Ada alat ukurnya, kan gitu, ada keputusan pengadilan yang menyatakan saya punya utang harusnya kan ada proses hukum dari kepolisiannya atau juga ada apa, ada ketetapan ahli atau ada pernyataan ahli yang menyatakan saya benar punya utang. Ini kan tidak ada, ini masih dari pihak si Febi saja yang didengarkan hakim," ujar dia.

Dijelaskan Fitriani, terkait bukti transfer yang diungkapkan hakim di persidangan, itu bukan rekening pribadinya, melainkan ke suaminya. Lantas karena itu, Fitriani merasa tidak pernah punya utang ke Febi.

"Bukti transferan kan jelas, itu bukan ke saya dan saya tidak pernah melakukan pinjaman apa pun, baik itu ada kuitansi ada chatting-an atau SMS atau apalah, tidak ada. Jadi belum ada, belum ada yang bukti saya punya utang dan saya memang tidak punya utang. Kan, begitu," ujar dia.

"Jadi kenapa dinyatakan sama majelis hakim bahwa saya apa terbukti punya utang. Harus ada alat ukurnya apa yang membuktikan itu. Jadi saya rasa ini memang tidak adil dan ini kan kasus ITE, ya kan, kenapa lari ke utang-piutang. Sedangkan lari ke utang-piutang tapi tidak ada alat ukur pembuktiannya, hanya bukti transfer itu bukan ke saya, jelas saya di pengadilan menjelaskan bahwa transferan itu ke suami saya, bukan ke saya. Kan, begitu," tambah dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU