Napi Korupsi Tamin Sukardi Meninggal Karena Corona, Lapas Tanjung Gusta Medan Didisinfeksi
Tamin Sukardi saat dirawat di rumah sakit. (istimewa)
News
Kota Medan

Napi Korupsi Tamin Sukardi Meninggal Karena Corona, Lapas Tanjung Gusta Medan Didisinfeksi

Senin, 26 Oktober 2020 15:58 WIB 26 Oktober 2020, 15:58 WIB

INDOZONE.ID - Tamin Sukardi, narapidana tindak pidana korupsi yang ditahan di Lapas Tanjung Gusta, Medan meninggal dunia setelah terinfeksi Covid-19. Untuk itu, lapas tempat tamin ditahan itu pun dilakukan penyemprotan disinfektan.

Kadivpas Kanwil Kemenkum HAM Sumut, Pujo Harinto mengatakan bahwa pihak Lapas Tanjung Gusta sudah melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area lapas sejak Tamin dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (7/10).

Tamin pertama kali dibawa ke RS Bandung, Medan dengan keluhan demam, batuk, dan flu. Kemudian dia dinyatakan terinfeksi Covid-19 dan dipindahkan ke RS Royal Prima Medan atas permintaan keluarga.

Tamin kemudian dinyatakan meninggal dunia di RS itu pada Jumat (24/10).

Untuk diketahui, Tamin merupakan napi kasus korupsi terkait pelepasan hak guna usaha (HGU) tanah PT Perkebunan Nusantara II (Persero) di Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, dengan luas sekira 1.332 hektare.

Pada 27 Agustus 2018, PN Medan menjatuhkan vonis 6 tahun penjara kepada Tamin. Namun, vonis tersebut membuat curiga pihak KPK karena diduga ada unsur suap.

KPK kemudian menangkap Tamin, hakim Merry, dan panitera pengganti PN Medan Helpandi.

Hingga pada akhirnya, Pengadilan Tinggi (PT) Medan memperberat hukuman Tamin terkait kasus jual-beli HGU tersebut menjadi 8 tahun penjara. Kemudian, Mahkamah Agung (MA) menurunkan hukuman Tamin menjadi 5 tahun penjara.

Selain itu, MA juga menjatuhkan pidana denda sejumlah Rp500 juta kepada Tarmin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US