Bobby Nasution Akan Benahi Bangunan Bersejarah yang Terbengkalai di Kawasan Kesawan
Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau bagian dalam Gedung Warenhuis di Kesawan, Medan, Rabu (17/3). (Antara)
News
Kota Medan

Bobby Nasution Akan Benahi Bangunan Bersejarah yang Terbengkalai di Kawasan Kesawan

Jumat, 19 Maret 2021 10:27 WIB 19 Maret 2021, 10:27 WIB

INDOZONE.ID - Wali Kota Medan Bobby Nasution akan membenahi bangunan bersejarah yang terbengkalai dan bersengketa di kawasan Kesawan.

"Sejak lama saya katakan, kawasan Kesawan ini harus dijadikan kawasan heritage. Gedung-gedung bersejarah, kita pugar. Jadi memang harus dimulai," kata Bobby melansir Antara, Jumat (19/3).

Bobby mengatakan bahwa pihaknya saat ini sudah mulai melakukan revitalisasi terhadap beberapa bangunan di kawasan Kesawan, tepatnya di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Perniagaan atau Pajak Ikan Lama.

Revitalisasi bangunan itu dilakukan dengan menggunakan dan intensif daerah.

Salah satu gedung yang menjadi sorotan adalah Gedung Warenhuis yang dulunya merupakan bangunan super market pertama di Kota Medan.

Gedung tersebut dibangun pada 1916 oleh arsitek Jerman G Bos, dan dibuka untuk umum 1919 dengan peresmian dilakukan Wali Kota Medan pertama Daniel Baron Mackay.

"Saya melihat Warenhuis, dan perintahkan OPD terkait untuk mengurusnya. Saya minta Warenhuis ditata lagi, dan dikembalikan wujud aslinya. Arsitektur Warenhuis harus selamat," kata Bobby.

Bobby mengaku Pemko Medan sendiri telah memiliki sertifikat hak pakai dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) sejak 2018 atas gedung tersebut.

"Soal klaim, pemkot udah punya hak pakainya. Kita kolaborasilah. Untuk apa diklaim, pun tak digunakan. Bahkan kita berhak menegur, karena penataan kota tanggung jawab kita," jelas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU