Buka Virtual Job Fair, Bobby Nasution Sediakan Lowongan Kerja Bagi Difabel
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kedua kanan) menyerahkan penghargaan usai membuka pameran kerja daring 2021 di Medan, Rabu (17/11/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)
News
Kota Medan

Buka Virtual Job Fair, Bobby Nasution Sediakan Lowongan Kerja Bagi Difabel

Kamis, 18 November 2021 08:57 WIB 18 November 2021, 08:57 WIB

INDOZONE.ID - Wali Kota Medan, Bobby Nasution membuka Virtual Job Fair yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan di halaman Kampus LP3I, jalan Sei Serayu, Rabu (17/11). Dalam kesempatan itu ia meminta perusahaan agar menyediakan lowongan kerja bagi difabel.

"Dari lowongan ini, kita sediakan 25 lowongan bagi difabel. Peraturan perusahaan swasta harusnya menyiapkan satu persen posisi kerja bagi difabel, sedangkan BUMN dan pemerintahan dua persen," katanya seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Kamis (18/11/2021).

Ia menjelaskan pada pameran kerja daring Kota Medan yang berlangsung selama lima hari tersebut ada 27 perusahaan yang akan menyediakan 1.449 lowongan kerja dengan 94 jabatan.

Ia juga membahas wabah COVID-19 telah mengganggu kondisi perekonomian. Hal ini dibuktikan dengan naiknya tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan yang awalnya single digit, kini menjadi double digit.

Oleh karena itu dengan dibukanya job fair tersebut ia berharap dapat memberikan kemudahan mencari lapangan pekerjaan di Kota Medan.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi pemicu bagi para pencari kerja untuk bisa kembali memotivasi dirinya. Sebab, pada masa pandemi ini banyak yang membutuhkan pekerjaan. Di samping itu selama pandemi ini, banyak juga kegiatan berubah dari yang sebelumnya langsung sekarang menjadi virtual menggunakan digitalisasi. Mudah-mudahan kita bisa beradaptasi dan harus bisa mengalihkan momentum untuk mendigitalisasikan kemampuan kita,” ujarnya.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut ia juga mengajak perusahaan berinvestasi di Kota Medan. Pemko Medan pun bakal memperbaiki berbagai lini agar mempermudah investasi.

"Apa kekurangan Pemko Medan, bersama-sama kita perbaiki. Mari kita bicarakan bagaimana meningkatkan perekonomian di Kota Medan agar pengangguran bisa turun," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Hannalore Simanjuntak menuturkan seluruh lowongan dapat diakses secara daring sebab masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Seluruh lowongan dan lamaran pekerjaan antara perusahaan dan pencari kerja dapat diakses melalui website dengan alamat jobfair.pemkomedan.go.id," jelasnya.

Ia pun membeberkan agar para pelamar dapat menyiapkan persyaratan yang salah satunya berupa kartu pencari kerja. 

"Bagi masyarakat Kota Medan yang ingin melamar agar memenuhi persyaratan, salah satunya memiliki kartu pencari kerja (ak 1) dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan," pungkas Hannalore.

Artikel Menarik Lainnya:


 

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US