Kekuatan Nuklir China Meningkat, Amerika Khawatir Diancam
Prajurit Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) REUTERS/Stringer/cfo (REUTERS/CHINA STRINGER NETWORK)
News
Internasional

Kekuatan Nuklir China Meningkat, Amerika Khawatir Diancam

Rabu, 28 Juli 2021 19:04 WIB 28 Juli 2021, 19:04 WIB

INDOZONE.ID - Setelah laporan baru terkait Beijing sedang membangung 110 lebih silo rudal. Hal itu menyebabkan Pentagon dan anggota kongres Amerika mengkhawatirkan kekuatan nuklir China yang meningkat.

Pada senin (26/7) gambar satelit menunjukan China sedang membangun sebuah lahan silo baru di dekat Hami bagian timu daerah Xinjiang. Hal itu disebutkan oleh Federasi Ilmuwan Amerika (AFS).

Silo adalah ruangan bawah tanah, di mana rudal kendali disimpan untuk ditembakkan. Bahkan, kabar yang megjutkan lagi, terkait laporan tentang hal itu sudah berminggu-minggu setelah pembangunan sekitar 120 silo rudal di Yumen.

Di mana Yumen merupakan daerah gurun yang terletak sekitar 380 kilometer di tenggara.

Komando Strategis AS dalam cuitannya di akun Twitternya menuliskan,

"Ini adalah kedua kalinya dalam dua bulan publik mengetahui apa yang telah kami katakan selama ini tentang meningkatnya ancaman yang dihadapi dunia dan tabir kerahasiaan yang mengelilinginya," tulisnya seperti yang dikutip Indozone melalui antaranews.com, Rabu, (28/7).

Sementara Departemen Luar Negeri AS pada Juli menyebutkan, pembangunan nuklir di negara tirai bambu tersebut, begitu mengkhawatirkan. Tak hanya itu saja, pihaknya juga mengatakan Beijing sudah menyimpang dari strategi nuklir puluhan tahun yang didasarkan pada pencegahan minimal.

Kemudian, dengan adanya seperti itu, AS pun meminta China untuk terlibat denganya pada langkah-langkah praktis. Tak lain bertujuan untuk mengurangi risiko perloimbaan senjata nuklir yang tidak stabil.

Selain itu, Anggorta Kongresa AS dari Partai Republik, Mike Turner, yang merupakan anggota Subkomite Angkatan Bersenjata DPR untuk Pasukan Strategis, menyatakan, pembangunan nuklir China berlum pernah terjadi sebelumnya.

Menurutnya, pembangunan nuklir China begitu jelas untuk menyebarkan senjata nuklir sebagai upaya mengancam Amerikia Serikat dan para sekutunya.

 
TAG
Aqmarul Akhyar

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU