Lebih dari 20 Ribu Anak 6-11 Tahun di Sumut Sudah Divaksin, Dinkes: Kita Terus Sosialisasi
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama vaksin Sinovac kepada siswa di SD Negeri Bulusan, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Aji Styawan)
News
Kota Medan

Lebih dari 20 Ribu Anak 6-11 Tahun di Sumut Sudah Divaksin, Dinkes: Kita Terus Sosialisasi

Jumat, 24 Desember 2021 13:13 WIB 24 Desember 2021, 13:13 WIB

INDOZONE.ID - Sejak vaksinasi anak diizinkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat sudah ada lebih dari 20 ribu anak usia 6-11 tahun di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang menerima suntikan vaksin COVID-19. 

"Sudah mulai diizinkan dari beberapa hari yang lalu. Untuk capaiannya baru 1,2 persen atau 20.043 anak yang telah divaksin," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Ismail Lubis, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Jumat (24/12/2021).

Ia menuturkan secara keseluruhan ada 1,6 juta anak usia 6-11 tahun yang diperbolehkan mendapatkan dosis vaksin COVID-19. Dimana dari target tersebut daerah terbanyak yang dapat menerima vaksin anak ada di Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Simalungun, Langkat dan Asahan. Sedangkan paling sedikit yaitu Pakpak Bharat, Sibolga, Nias Barat, Samosir dan Gunungsitoli.

Ia juga menyebutkan vaksin yang akan diberikan kepada anak adalah jenis sinovac. Meski begitu untuk ketersediaan vaksin sinovac, pihaknya belum menerima dari Kementerian Kesehatan.

"Karena itu vaksinasi dilakukan menggunakan stok vaksin Sinovac yang masih tersedia. Untuk dosis keduanya nanti 28 hari setelah penyuntikan pertama," ujarnya.

Adapun menurutnya, saat ini Dinkes Sumut sedang mempersiapkan tenaga vaksinator terhadap anak. Sebab, skrining anak berbeda dengan orang dewasa saat akan divaksin.

Selain itu, pihaknya juga masih terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, khususnya bagi orang tua untuk segera melaksanakan vaksinasi anak usia enam sampai 11 tahun. 

"Kita terus sosialisasikan agar anak terlindungi, apalagi saat ini ada jenis COVID-19 varian baru omicron dapat berkembang kepada orang yang belum vaksinasi," sebutnya.

Ia menambahkan, dari sembilan kabupaten/kota yang pertama kali dibolehkan melaksanakan vaksinasi tersebut, antusias orang tua membawa anaknya sangat tinggi.

 "Kalau kita lihat seperti di Humbahas, Taput dan Siantar, itu sangat antusias," tutupnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US