Alasan Mengapa Curah Hujan Saat Ini Masih Tinggi Meski Sudah Memasuki Musim Kemarau
Ilustrasi hujan. (Pixabay)
News
Nasional

Alasan Mengapa Curah Hujan Saat Ini Masih Tinggi Meski Sudah Memasuki Musim Kemarau

Selasa, 13 Juli 2021 14:05 WIB 13 Juli 2021, 14:05 WIB

INDOZONE.ID - Curah hujan terbilang masih cukup tinggi belakangan ini. Padahal sebagian wilayah Indonesia saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau. Mengapa kondisi itu bisa terjadi?

Mengutip laporan Antara, Selasa (13/7), BMKG Wilayah IV Makassar menyatakan curah hujan yang tinggi saat musim kemarau disebabkan adanya anomali atau gangguan terhadap atmosfer bumi.

"Hujan yang terjadi belakangan terakhir bahkan masih berlangsung hingga hari ini merupakan sebuah anomali atau terdapat suatu gangguan dalam dinamika atmosfer dimana terdapat peran interaksi antara lautan dan atmosfer," ujar Prakiraan BMKG Wilayah IV Makassar, Esti Kristantri.

Esti menyebutkan beberapa gangguan atmosfer yang terpantau, yaitu terdapat pertemuan massa udara (konvergensi) yang mampu meningkatkan dan mendukung aktivitas pertumbuhan awan awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat.

Lalu, adanya faktor lain berupa suhu muka laut terutama di perairan Selat Makassar bagian Selatan dan sekitarnya yang cukup hangat yang akan berkontribusi dalam percepatan pertumbuhan awan awan hujan.

"Perlu menjadi perhatian, bahwa, musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan, terdapat hujan namun intensitasnya berkurang," kata Esti.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US