Menpora Ingin Sumut Jadi Kawasan Sport Tourism, Contohnya Bersepeda di Danau Toba
Menpora RI Zainudin Amali didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Menpora Ingin Sumut Jadi Kawasan Sport Tourism, Contohnya Bersepeda di Danau Toba

Kamis, 12 November 2020 18:24 WIB 12 November 2020, 18:24 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali ingin menjadikan Provinsi Sumatera Utara sebagai destinasi sport tourism. Hal itu dikatakannya saat menghadiri acara Uji Publik Grand Design Keolahragaan Nasional pada Kamis (12/11).

"Negara-negara lain sudah mendorong untuk mengembangkan sport tourism, sehingga di situ devisa akan masuk. Saya kira, kita (Sumut) juga punya banyak tempat wisata, di mana orang akan berolahraga sambil wisata," ujar Zainudin.

Dikatakan Zainudin, ada beberapa cabang olahraga yang bisa dilakukan terkait konsep sport tourism ini. Misalnya, olahraga bersepeda yang dilakukan di kawasan Danau Toba.

"Inilah yang kita akan dorong pada sport tourism, dan tentu akan kita lebih detailkan. Tapi kita bisa sendiri-sendiri, harus melakukan bersama-sama," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Zainudin mengaku optimis bahwa prestasi olahraga di Sumut bisa bangkit kembali dan dapat menyumbangkan atlet tim nasional.

Sebab, jika melihat peta olahraga nasional, Sumut merupakan daerah di luar Pulau Jawa yang memiliki prestasi olahraga yang cukup menonjol dan kerap menyumbangkan atlet-atlet berprestasi di berbagai cabang olahraga.

"Dan dalam peta olahraga nasional Sumut adalah daerah terpenting penyumbang talenta-talenta," kata dia.

Oleh karena itu, untuk menunjang prestasi olahraga di Sumut, maka pemerintah pusat dan daerah akan membangun Sport Center, yang nantinya akan digunakan sebagai venue utama penyelanggaraan PON 2024 Sumut-Aceh.

"Sumut - Aceh akan menjadi tuan rumah PON pada 2024 oleh karena itu harus ada dukungan fasilitas, bahkan Sumut akan membangun sport center di Deli Serdang dan kita mendukung penuh hal itu," ucap dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US