Antisipasi Kebakaran Lahan, Gubsu Ingatkan Perusahaan
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memimpin rapat soal antisipasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Sumut di Medan. (ANTARA/Evalisa Siregar)
News
Kota Medan

Antisipasi Kebakaran Lahan, Gubsu Ingatkan Perusahaan

Kamis, 13 Februari 2020 15:55 WIB 13 Februari 2020, 15:55 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengingatkan perusahaan dan pemerintah daerah untuk mengantisipasi serta mencegah kebakaran hutan dan lahan. Tujuannya untuk mewujudkan Sumut bebas karhutla.

"Antisipasi dan pencegahan dilakukan dengan membangun kesadaran masyarakat dan dunia usaha, memberikan sanksi pelaku pembakaran dan termasuk memberikan reward," ujar Edy di Medan, Rabu (12/2/2020).

Hal ini disampaikan Edy dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kebakaran Hutan dan Lahan Tingkat Provinsi Sumut yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut. Rakorda itu dihadiri semua pemangku kepentingan termasuk eksekutif perusahaan. Dalam kesempatan itu, Edy meminta aparat penegak hukum untuk memberikan sanksi tegas kepada siapapun yang membakar hutan dan lahan.

Edy menegaskan bahwa untuk mengantisipasi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan di Sumut perlu diperkuat Tim Terpadu Kebakaran Hutan dan Lahan yang telah ditetapkan melalui keputusan Gubernur Sumut No 188.44/138/KPTS/2017. Menurut Edy, Presiden Joko Widodo juga peduli terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan. Apalagi kebakaran hutan dan lahan ini juga disoroti media internasional.

Oleh sebab itu, Edy meminta semuanya harus konsentrasi menangani kasus kebakaran hutan dan lahan. Apalagi Presiden Jokowi menegaskan bahwa jika terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka pejabat terkait termasuk Polri dan TNI juga bisa dinonaktifkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU