Bukan Masker, Profesor Ini Ungkap Prokes 3M yang Utama
Ilustrasi pakai masker (Pixabay)
News
Nasional

Bukan Masker, Profesor Ini Ungkap Prokes 3M yang Utama

Minggu, 03 Oktober 2021 19:17 WIB 03 Oktober 2021, 19:17 WIB

INDOZONE.ID - Seorang ahli virologi yang juga Guru Besar Universitas Udayana, Prof. Dr. drh. I Gusti Ngurah Kade Mahardika mengungkap memakai masker bukanlah protokol kesehatan (prokes) 3M yang utama. Menurutnya ada prokes 3M yang lebih efektif mencegah penularan virus corona.

Dalam sebuah talkshow BNPB yang digerlar secara virtual Kamis (30/9) lalu, ia mengatakan semua protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan, adalah cara ampuh agar terhindar dari penularan virus corona. Namun, itu bukanlah prokes yang utama.

"Dan 3M yang utama, nomor satu adalah menghindari kerumunan, bukan memakai masker," katanya, seperti yang dikutip Indozone, Minggu (3/10/2021).

Ia pun menjelaskan, meski memakai masker tetapi tetap pergi ke kerumunan, maka virus masih bisa menular melalui mata, pakaian ataupun anggota tubuh lainnya. 

Oleh karena itu, kalau kita tidak berada dalam kerumunan, maka resiko tertular akan menjadi lebih kecil. Itu mengapa, 3M yang utama adalah menghindari kerumunan.

Lebih lanjut, ia menegaskan semua prokes yang dijalankan  bersamaan akan efektif menekan penyebaran virus COVID-19 semua varian. 

"Semua protokol, seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan prokes itu menekan risiko semua varian. Sehingga harus dilakukan dengan ketat dan bersama-sama," pungkasnya. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

5 Rekomendasi Warung Bakso Paling Lezat di Medan, Pembeli Rela Antre 
Geger Pria di Padangsidempuan Gantung Diri, Kabarnya Usai Bertengkar dengan Istri 
Resep Sambal Tuktuk Khas Batak, Pedasnya Bikin Nagih! 

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US