Pemko Medan Akan Contoh Kota Lama Semarang Dalam Kelola Kawasan Kesawan
Kawasan Kesawan Medan. (Google Maps)
News
Kota Medan

Pemko Medan Akan Contoh Kota Lama Semarang Dalam Kelola Kawasan Kesawan

Sabtu, 17 April 2021 09:13 WIB 17 April 2021, 09:13 WIB

INDOZONE.ID - Wali Kota Medan Bobby Nasution akan mencontoh kota lama Semarang dalam upaya percepatan penataan dan pengelolaan kawasan Kesawan.

"Semarang telah menjadi rujukan dalam penataan dan pengelolaan kota lama. Medan saat ini tengah melakukan pembenahan dan penataan kawasan bersejarah Kesawan," kata Bobby melansir Antara, Sabtu (17/4).

Hal ini diungkapkan Bobby ketika menggelar kegiatan berbagi pengetahuan oleh Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kasubdit Wilayah I Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Airyn Saputri Harahap, dan pejabat lainnya.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memaparkan pengalaman dalam merevitalisasi kota lama di Semarang yang diawali masalah bangunan dan tata kelola.

Dia menerangkan masalah bangunan kerap ditemukan bangunan terlantar, pembiaran bangunan oleh pemilik, dan pemanfaatan bangunan tidak sesuai kaidah pelestarian serta kurangnya perawatan bangunan.

"Sedangkan masalah tata kelola, karena kurangnya jelasnya tupoksi dan kewenangan pengelola kawasan kota lama. Kurangnya koordinasi antar pemangku kepentingan," kata dia.

Usai berbagi pengetahuan, Wali Kota Medan mengajak Wakil Wali Kota Semarang dan rombongan melihat beberapa bangunan bersejarah di Kota Medan, di antaranya Istana Maimun dan Masjid Raya Al Mashun.

"Fokus kita, selain merevitalisasi Istana Maimun dan Masjid Raya adalah mengembalikan Kesawan menjadi kota tua yang bermanfaat dalam perekonomiannya. Untuk itu, kita meminta saran dari Ketua BPK2L (Badan Pengelola Kawasan Kota Lama) Semarang yang juga Wakil Wali Kota Semarang," ungkap Bobby.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU