Gegara Ikan Mahal, Harga Daging Ayam Ras di Sumut Tembus Rp35 Ribu per Kg
Ilustarsi daging ayam yang dijual di pasaran (Pixabay/Chillimedia)
News
Kota Medan

Gegara Ikan Mahal, Harga Daging Ayam Ras di Sumut Tembus Rp35 Ribu per Kg

Sabtu, 18 Desember 2021 11:20 WIB 18 Desember 2021, 11:20 WIB

INDOZONE.ID - Harga daging ayam ras di pasar Sumatera Utara (Sumut) terus melonjak naik. Hingga kini harga daging ayam ras sudah tembus Rp33.000-Rp35.000 per kg.

Salah seorang pedagang ayam di Pasar Tanjungsari, Medan, Sujono menyebut mahalnya daging ayam tersebut didorong permintaan yang terus meningkat.

"Harga daging ayam ras memang terus naik, karena harga dari pemasok juga naik," ujarnya, seperti yang dikutip Indozone, Sabtu (18/12/2021).

Ia juga menjelaskan daging ayam yang sebelumnya berkisar antara Rp25.000 - Rp30.000 per kg tersebut terus naik lantaran berbagai faktor. Di antaranya karena mahalnya harga ikan yang mendorong konsumen beralih ke ayam.

Kemudian akibat meredanya pandemi COVID-19 sehingga penyelenggaraan berbagai kegiatan seperti pesta perkawinan meningkat.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Barita Sihite mengatakan harusnya harga rata-rata ayam ras di Sumut mencapai Rp25 ribuan per kg.

"Harusnya tidak ada kenaikan harga karena produksi ayam di Sumut cukup memadai atau 142.068 ton," ucapnya. 

Dengan produksi sebanyak itu, Sumut berada di urutan kelima produsen ayam terbesar di Indonesia. Selain itu, berdasarkan pantauan, distribusi daging ayam berjalan lancar termasuk hingga ke kabupaten/kota.

"Memang ada tren peningkatan permintaan secara terus menerus, apalagi sejak harga ikan bertahan mahal di musim hujan akibat sebagian besar nelayan tidak melaut," akuinya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU