41 Kali Gempa Guncang Sumut dan Aceh pada Pekan Ketiga November 2021
Sebaran gempa pada pekan ketiga November 2021 di Aceh dan Sumut (ANTARA/HO)
News
Kota Medan

41 Kali Gempa Guncang Sumut dan Aceh pada Pekan Ketiga November 2021

Sabtu, 20 November 2021 16:50 WIB 20 November 2021, 16:50 WIB

INDOZONE.ID - Pusat Gempa Regional (PGR) I Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat selama pekan ketiga November 2021 terjadi 41 gempa di wilayah Sumatera Utara dan Aceh.

Dari data BBMKG wilayah 1 Medan diketahui berdasarkan lokasi kejadian gempa, kejadian terbanyak terjadi di laut yaitu sebanyak 24 kali dan di darat 17 kali.

Peneliti BBMKG Wilayah 1 Medan, Marzuki Sinambela, menjelaskan jumlah gempa bumi yang terjadi pada pekan ketiga November tersebut sama dengan kejadian pada pekan kedua November.

"Berdasarkan magnitudo, 38 kejadian gempa yang terjadi di bawah 4.0, dua kejadian dengan magnitudo antara 4.0 sampai dengan 5.0 dan satu kejadian gempa dengan magnitude di atas 5.0," katanya, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Sabtu (20/11/2021).

Ia juga menjelaskan aktivitas kegempaan dominan bersumber dari aktivitas zona megathrust dan sebagian lagi di wilayah zona outerise dan patahan lokal Sumatera.

"Dari 41 gempa yang terjadi, terdapat dua gempa yang signifikan dan dirasakan di wilayah Aceh dan Tapanuli Selatan," katanya.

Ia pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi gempa dan tetap merespon dengan cepat informasi BMKG.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US