Disperindag Siap Dorong Produk UMKM Sumut Go Internasional
UMKM binaan Disperindag Sumut memperlihatkan produk komoditas pertanian berpotensi ekspor di Medan, Sumatera Utara. (ANTARA/Septianda Perdana)
News
Kota Medan

Disperindag Siap Dorong Produk UMKM Sumut Go Internasional

Jumat, 21 Februari 2020 19:00 WIB 21 Februari 2020, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Disperindag Sumatera Utara siap mendorong dan membantu produk UMKM di Sumut agar memiliki potensi yang besar untuk menembus pasar ekspor atau Go Internasional.

Dengan adanya ekspor ini, UMKM memiliki potensi untuk meraup keuntungan besar. Hal ini karena pangsa pasarnya lebih besar dibandingkan pangsa pasar dalam negeri.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Zhony Waldy di Medan, Kamis (20/2/2020) mengatakan melalui Pokja Sumut Bermartaba, para UMKM bisa mengetahui dan memahami prosedur dan mekanisme yang harus dilakukan agar produk mereka bisa diekspor ke luar negeri.

"Ini akan kita fasilitasi di Disperindag agar memiliki dokumen yang belum sempurna disempurnakan, motonya adalah lokal to global salah satunya dokumen izin kesehatan, kehalalan produk dan sertifikasi uji laboratroium," katanya.

Zhony mengatakan Disperindag Sumut juga memiliki keinginan besar untuk melakukan perdagangan antar provinsi dan antar pulau. Saat ini Disperindag Sumut memiliki mitra binaan sebanyak 94 UMKM. Produk-produk mereka antara lain CPO dan turunannya, karet dan turunannya serta UMKM dari komoditas pertanian rempah, pala, kopi, kemenyan, kayu manis dan lainnya.

"Kalau bicara bisnis komoditas, kalau sedikit susah untuk dijual banyak pun kadang-kadang tidak cukup karena ketika sedikit ini tidak akan bisa ekspor, ekspor itu perlu kualitas yang baik, jumlah yang cukup dan berkelanjutan," tambahnya.

Dengan memasuki pasar global, UMKM akan juga akan mendapatkan keuntungan karena aksesnya untuk mendapatkan pelanggan terbuka lebar. Hal ini juga berpotensi meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan dalam jangka panjang.

"Selain itu ke depan tahun 2020 ini kita akan menyiapkan kemasan pada produk UMKM agar dapat diminati para pembeli," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US