Warga Sumut Tetap Sediakan Payung, Puncak Musim Hujan Diprediksi November
Ilustrasi hujan. (Pixabay)
News
Kota Medan

Warga Sumut Tetap Sediakan Payung, Puncak Musim Hujan Diprediksi November

Selasa, 29 September 2020 18:51 WIB 29 September 2020, 18:51 WIB

INDOZONE.ID - Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyampaikan bahwa puncak musim hujan di wilayah Sumatera Utara (Sumut) diperkirakan akan terjadi pada bulan Oktober - November 2020.

Untuk itu, Kepala BBMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengingatkan kepada warga Sumut untuk tetap mewaspadai dampak yang akan ditimbulkan dari musim hujan saat ini.

"Seperti diketahui bencana hidrometeorologi merupakan kejadian bencana yang sering terjadi selain gempa bumi. Berdasarkan informasi dari BPBD, Provinsi Sumut sering mengalami bencana alam yang meliputi banjir, longsor, kebakaran hutan lahan, tsunami, gempa bumi, banjir bandang, wabah penyakit, angin puting beliung, kekeringan, dan letusan gunung berapi," kata Edison, Selasa (29/9).

Dijelaskan Edison, pada bulan September 2020, ada sejumlah wilayah di Sumut yang berpotensi terjadi banjir karena pengaruh intesitas curah hujan yang mulai meningkat, seperti di Langkat, Asahan, Batubara, Deli Serdang, Gunung Sitoli, Tebing Tinggi, Labuhan Batu, Mandailing Natal, dan Medan.

Lalu, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Sidempuan, Pematang Siantar, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun dan Tapanuli Selatan.

"Sedangkan untuk wilayah lereng pegunungan untuk lebih mewaspadai tingginya curah hujan yang berpotensi terjadinya longsor serta banjir bandang di wilayah sekitar hilir sungai," terang dia.

Edison meminta agar masyarakat dan juga pemerintah daerah saling membantu untuk mencegah terjadinya banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

Selain itu, dia meminta masyarakat dapat mengikuti perkembangan cuaca di laman bmkg.go.id, aplikasi infoBMKG, media cetak, media elektronik, dan media sosial.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US