Gempa 5,3 Magnitudo di Paluta, Guncangan Terasa Hingga Padang Sidempuan
Keterangan lokasi Gempa yang terpusat di Kabupaten Paluta yang berkekuatan 5,3 Magnitudo. ANTARA/HO-BMKG.
News
Kab. Padang Lawas Utara

Gempa 5,3 Magnitudo di Paluta, Guncangan Terasa Hingga Padang Sidempuan

Rabu, 11 Agustus 2021 16:10 WIB 11 Agustus 2021, 16:10 WIB

INDOZONE.ID - Gempa yang berkekuatan 5,3 Magnitudo yang berpusat di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dapat dirasakan guncangannya hingga ke Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut). 

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang melaporkan pristiwa itu melalui laman www.bmkg.go.id, gempa terjadi pada Rabu (11/8/2021) pukul 12.23 WIB, di kedalaman 10 Km. Lokasi gempa berada pada 10 kilometer barat daya Kabupaten Padang Lawas Utara. Sedangkan pusat gempa berada pada koordinat 0,43 LU – 99,48 BT.

Mengutip dari Antara, terpantau di seputaran Kota Padang Sidempuan tidak terjadi kerusakan terhadap bangunan dan dilaporkan tidak ada korban jiwa. Sementara itu, Dr Surono ahli geofisika Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan, gempa yang terjadi adalah gempa tektonik yang berasal dari sesar aktif di lokasi tersebut.

Sumber gempa tidak besar dan di bawah 6 Magnitudo sehingga masuk dalam kategori gempa dangkal atau kurang dari 30 kilometer, tidak dirasakan secara meluas serta tidak menimbulkan kerusakan alam yang berarti.

Menurutnya pula masyarakat tidak perlu takut dengan gempa tersebut, karena itu adalah gempa utama yang tidak berpotensi atau kecil kemungkinannya memicu gempa susulan.


Artikel Menarik Lainnya:

Laka Maut, ASN Perempuan di Medan Tewas Ditabrak Truk Pengangkut Air
Memprihatinkan, Ayah 3 Anak di Simalungun Gantung Diri, Tubuhnya Hampir Membusuk
Risiko Terpapar Tinggi, Warga di 3 Kecamatan Deli Serdang Dipastikan Tak Boleh Gelar Pesta

TAG
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU