Mulai 1 Agustus, Tiap Penumpang Bandara Kualanamu Wajib Unduh Aplikasi PeduliLindungi
Suasana penumpang di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. (photo/ANTARA/Dok)
News
Kab. Deli Serdang

Mulai 1 Agustus, Tiap Penumpang Bandara Kualanamu Wajib Unduh Aplikasi PeduliLindungi

Senin, 02 Agustus 2021 10:27 WIB 02 Agustus 2021, 10:27 WIB

INDOZONE.ID - Dalam rangka pemberlakuan digital validasi dokumen penerbangan kepada seluruh calon penumpang di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, mulai 1 Agustus 2021, setiap  penumpang wajib mengunduh aplikasi PeduliLindung.

Hal tersebut disampaikan oleh  Executive General Manajer PT Angkasa Pura II Kualanamu, Heriyanto Wibowo, Minggu (1/8/2021).

"Pemberlakuan tersebut sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/847/2021 Tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindung," kata Heriyanto.

Adapun digitalisasi validasi dokumen penerbangan yang berkaitan dengan dokumen kesehatan adalah Surat Keterangan Vaksin dan Hasil Test Covid-19 yakni RT-PCR dan RT-Antigen.

"Hal ini dilakukan untuk mempermudah perjalanan calon penumpang di era digital dan memperkuat protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19," tambah Heriyanto.

Heriyanto berharap, seluruh calon penumpang mendukung dan mengimplementasikan ketentuan SK Menkes Nomor HK.02.01/MENKES/847/2021 dengan mengunduh aplikasi PeduliLindung.

Selain itu, calon penumpang pesawat wajib melakukan tes Covid-19, di 742 laboratorium yang terintegrasi dengan data New All Record (NAR) Kemenkes, yang mana hasilnya akan langsung diunggah di aplikasi PeduliLindung.

"Terdapat sekitar 34 laboratorium di Provinsi Sumatera Utara yang terafiliasi di Kemenkes sesuai Surat Edaran Menkes Nomor 4642/2021 Tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan Covid-19," jelasnya.

Dia menambahkan, melalui aplikasi PeduliLindung, maka pemalsuan dokumen perjalanan juga dapat dicegah.

Artikel Menarik Lainnya

TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US