Antisipasi Varian Omicron, Gubsu Minta Penjagaan Pintu Masuk Ilegal di Sumut Diperketat
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi bersama wakilnya Musa Rajekshah (Instgram/Edy_Rahmayadi)
News
Kota Medan

Antisipasi Varian Omicron, Gubsu Minta Penjagaan Pintu Masuk Ilegal di Sumut Diperketat

Kamis, 02 Desember 2021 11:17 WIB 02 Desember 2021, 11:17 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi meminta penjagaan di wilayah Sumut yang terindikasi menjadi pintu masuk ilegal dari luar negeri diperketat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya virus COVID-19 varian Omicron,

“Ada dua lokasi yang sering dimanfaatkan sebagai pintu masuk dari Sumut, yakni perairan Batubara dan Tanjungbalai. Jadi ini sudah kita koordinasikan dengan Wali Kota Tanjungbalai dan Bupati Batubara, harus kita tekankan secara ketat untuk menjaga hal itu," ujar Edy, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Kamis (2/12/2021).

Ia menuturkan, sebenarnya sampai saat ini belum ada wilayah di Sumut yang dibuka menjadi pintu kedatangan internasional, baik dari jalur penerbangan maupun pelayaran. Sehingga, wilayah Sumut masih masuk kategori aman dalam upaya mengantisipasi penularan varian Omicron.

"Kita masih belum membuka, bukan hanya Singapura untuk seluruh negara masuk ke Indonesia, itu pintunya Jakarta. Ada isolasi yang belum berubah sampai saat ini, khusus di Indonesia dan Sumut tak punya wewenang untuk itu," sambungnya.

Sementara itu, Bidang Kesehatan Satgas COVID-19 Sumut, dr. Inke Lubis dalam kesempatan yang sama menambahkan upaya mengantisipasi varian Omicron masuk ke Sumut, salah satunya membatasi kedatangan orang dari luar negeri dan memberlakukan karantina ketat bagi setiap orang yang masuk ke Indonesia.

"Antisipasinya memang dengan membatasi orang yang dari luar negeri, dan harus dikarantina, apakah orang positif atau tidak, dan apakah virusnya itu mempunyai varian yang baru," katanya.

Oleh sebab itu, ia menekankan penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada seluruh masyarakat. Sebab, belum diketahui efektivitas vaksin terhadap varian Omicron.

"Untuk masyarakat sendirinya tentunya harus tetap menjaga prokes, karena vaksin sendiri belum kita ketahui seberapa efektif untuk mencegah ini," tuturnya.


Artikel Menarik Lainnya:



 

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US