Hujan Deras Semalaman, 427 Rumah Warga di Medan Terendam Banjir
Warga membersihkan halaman rumah miliknya yang terendam banjir rob di kawasan nelayan bagan deli, Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)
News
Kota Medan

Hujan Deras Semalaman, 427 Rumah Warga di Medan Terendam Banjir

Jumat, 12 November 2021 13:04 WIB 12 November 2021, 13:04 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 427 rumah warga di Kota Medan terendam banjir. Banjir tersebut disebabkan karena lebatnya curah hujan yang mengguyur sejak Kamis (11/11) malam.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, banjir terjadi di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Kelurahan Sei Mati dan Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun.

"Jumlah keseluruhan yang terdampak (banjir) di dua Kecamatan itu, 3 Kelurahan sebanyak 427 rumah, 680 Kepala Keluarga, 2.522 jiwa," ucap Manager Pusdalops BPBD Kota Medan, Ronald P. Sihotang, Jumat (12/11/2021).

Ia menjelaskan rinciannya ada 100 rumah, 190 Kepala Keluarga, dan 795 jiwa di Kelurahan Gedung Johor. Lalu sebanyak 145 rumah, 300 Kepala Keluarga dan 1.125 jiwa di Kelurahan Sei Mati.

Kemudian di Kelurahan Aur, terdapat 182 rumah, 190 Kepala Keluarga dan 575 jiwa yang terkena dampak banjir.

Ia melanjutkan, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut dan saat ini warga yang terkena dampak banjir masih bertahan di rumah.

Ia menambahkan, untuk pemantauan dan pendataan di lokasi banjir, BPBD Kota Medan telah berkoordinasi dengan pihak lingkungan setempat. Tak hanya itu pihaknya juga terus melakukan monitor untuk perkembangan dan cuaca dari BMKG.

"Memantau perkembangan Daerah Aliran Sungai (DAS) kota Medan. Memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap siaga apabila terjadi kenaikan debit air secara tiba-tiba," bebernya.

Sementara itu hingga jelang siang, banjir di rumah warga mulai surut. Warga pun tampak mulai membersihkan rumah dari sisa banjir.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US