Dukung Totalitas Pengembangan Destinasi Wisata Sumut, Sandi: Agar Membuka Lapangan Kerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat bertemu dengan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (5/1/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf
News
Nasional

Dukung Totalitas Pengembangan Destinasi Wisata Sumut, Sandi: Agar Membuka Lapangan Kerja

Kamis, 06 Januari 2022 19:09 WIB 06 Januari 2022, 19:09 WIB

INDOZONE.ID - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki banyak tempat destinasi wisata alam yang terkenal di kanca Nasional. Tak lain di antaranya destinasi wisata desa di Sumut. Yakni dua desa terbaik yang masuk ke dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, seperti Desa Huta Tinggi dan Desa Tipang.
 
Maka dari itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengaku akan mendukung secara totalitas pengembangan destinasi di Sumut. Seperti menghadirkan desa wisata yang dapat dikembangkan agar mendorong perekonomian dan kesejahteraan daerah setempat.

Karene menurutnya, membangun desa wisata dapat dilakukan dengan travel pattern (pola perjalanan wisatawan) agar community base tourism (konsep pengembangan suatu destinasi wisata melalui pemberdayaan masyarakat lokal) juga terbangun. 

"Potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumut sangat besar layaknya Danau Toba yang menjadi destinasi pariwisata super prioritas. Selain itu juga terdapat banyak destinasi wisata lainnya yang dapat dikembangkan, misalnya Bukit Lawang dan Tangkahan," kata Sandiaga Uno saat bertemu dengan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah di Gedung Sapta Pesona Jakarta, seperti yang dikutip indozone dari Antara, Rabu (5/1/2021). 

Dikatakannya, Bukit Lawang ini termasuk ke dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser, yang merupakan daerah konservasi hewan endemik orang utan, sehingga wisatawan dapat melihat habitat orang utan yang hidup liar.

"Jadi, wisatawan dapat pula melakukan mendaki di pinggir hutan Taman Nasional Gunung Leuser, memancing, hingga berkemah. Untuk Bukit Lawang dan Tangkahan akan kita bantu promosinya,” ujar Sandiaga.

Begitu pula dengan Tangkahan yang dianggap sudah memiliki faktor pembeda yang unik (unique selling point) dalam jasa wisata lantaran terdapat gajah Sumatera yang berlalu lalang, dan diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pemerintah Sumut juga dikatakan berniat untuk menyelenggarakan kegiatan wisata olahraga yaitu World Rally Championship pada tahun 2023 mendatang. Sebelumnya, provinsi tersebut pernah menjadi tuan rumah di ajang tersebut pada tahun 1996-1997 yang lalu. 

Maka dari itu, Sandiaga katakan siap memberikan fasilitas dan pendampingan terkait penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“(Kami) ingin sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Utara digarap optimal supaya bisa membuka lebih banyak lapangan kerja,” ungkap Menparekraf.


Artikel Menarik Lainnya:


 

TAG
Aqmarul Akhyar

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US