Setelah Jalani Rapid Test, 14 Karyawan Brastagi Supermarket Reaktif Covid-19
Atas kiri: Brastagi Supermarket di Jalan Gatot Subroto Medan. Bawah kiri: Ilustrasi proses rapid test. | Kanan: Foto surat yang beredar di WA. (Dok/Istimewa)
News
Kota Medan

Setelah Jalani Rapid Test, 14 Karyawan Brastagi Supermarket Reaktif Covid-19

Selasa, 19 Mei 2020 14:13 WIB 19 Mei 2020, 14:13 WIB

INDOZONE.ID - Menyikapi adanya karyawan Brastagi Supermarket di Jalan Gatot Subroto Medan yang positif Covid-19, telah dilakukan rapid test kepada seluruh karyawannya, Selasa (19/5) pagi. Hasilnya, 14 orang reaktif dari total 108 karyawan yang telah menjalani rapid test. 

"Dari 108 orang yang ikut rapid test, hasilnya ada 14 reaktif," kata Kabag Humas Setda Kota Medan, Arrahman Pane kepada wartawan, Selasa (19/5). Reaktif artinya antibodi sudah ada dalam tubuh, sehingga orang tersebut sudah pernah tertular virus Corona.

Sementara non-reaktif, ada dua kemungkinan, yaitu yang bersangkutan memang belum pernah tertular virus Corona, atau sudah namun antibodinya belum terbentuk, karena antibodi terbentuk sekitar delapan hari setelah kemasukan virus.

Sebelumnya, Senin (18/5) beredar selebaran melalui WhatsApp yang menginformasikan bahwa karyawan supermarket yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Medan itu ada yang positif corona. Bahkan, dikabarkan ada satu orang karyawan meninggal. 

Kabar itu kemudian dibantah Camat Medan Petisah. 

“Info dari pihak manajemen tidak betul ada karyawan Brastagi yang meninggal di RS Murni Teguh,” kata Camat Medan Petisah Novrian kepada wartawan, Selasa (19/5).

Sehari sebelumnya, Senin (18/5) beredar selebaran melalui WhatsApp yang menginformasikan bahwa karyawan supermarket yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Medan itu ada yang positif corona.

Pesan itu disertai foto sebuah surat, isinya:

“Assalamu’alaikum Selamat pagi semuanya. Ini info sementara dan tdk untuk tdk dikembangkan kemana2 seblm ada berita yg lebih pasti dan akurat"."Keluarga besar Dinas Pariwisata Kota Medan untuk sementara diminta agar berhati2 atau menunda sementara untuk ke Berastagi Supermarket smp adanya berita yg pasti"."Berdsrkan info dari Kasatpol PP Kota Medan bhw td mlm sudah ada karyawan di Berastagi Supermarket Gatot Subroto yg terpapar Positip Covid 19 sehingga kemungkinan nanti siang akan dilakukan Rapid Test kepada semua karyawan Berastagi Supermarket. Dan kalau sdh ada yg positip spt ini tentu akan dicari orang2 yg sdh pernah kontak fisik dengan si karyawan tsb agar tdk terjadi penularan secara berantai".

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi, mengatakan, hasil rapid test akan mempengaruhi operasional Brastagi Supermarket.

"Kalau hasil tes, banyak terpapar dan berisiko serta riskan mungkin kita lakukan (penutupan Brastagi Supermarket)," jelasnya.

Ia juga menyebut rapid test dilakukan dalam rangka melakukan pelacakan, dengan siapa pasien positif covid-19 berhubungan baik di tempat tinggal maupun tempat kerja.

"Kalau hasil rapid test reaktif akan dilakukan swab dan isolasi mandiri," ucapnya.  

Artikel Menarik Lainnya

  •  
TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU