Viral Awan Mirip Gelombang Tsunami di Aceh, Begini Kata BMKG
Kemunculan awan Arcus yang mirip seperti gelombang tsunami di Meulaboh, Aceh Barat, Senin (10/8). (Twitter/rchmwtiaul)
News
Nasional

Viral Awan Mirip Gelombang Tsunami di Aceh, Begini Kata BMKG

Selasa, 11 Agustus 2020 15:50 WIB 11 Agustus 2020, 15:50 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan penampakan awan gelap berwarna hitam yang bentuknya mirip gelombang tsunami. Fenomena alam itu pun diabadikan oleh sejumlah warganet dan menjadi viral.

Fenomena awan hitam mirip gelombang tsunami itu terjadi pada Senin (10/8) pagi di Meulaboh dan sekitarnya. Kemunculan awan tersebut pun membuat warga setempat merasa khawatir.

"Mohon doanya Kota Meulaboh baik2 saja. Pemandangan awan pagi ini di atas kota Meulaboh, Aceh Barat,"  cuit pengguna Twitter bernama Arief Arbianto @masawep.

"Fenomena alam penampakan awan badai menyerupai gelombang tsunami raksasa di Meulaboh Aceh Barat. Semoga kita semua dalam lindungan Allah azza wa jala (Aamiin Allahuma Aamiin)," cuit warganet lainnya bernama @rchmwtiaul

Terkait hal itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh, Zakaria pun menjelaskan fenomena tersebut.

Kata dia, awan hitam yang mirip gelombang tsunami itu merupakan awan Arcus yang juga bagian dari awan Cumulonibus.

Lebih lanjut lagi, dia mengatakan bahwa awan tersebut dikategorikan sebagai awan rendah dan berada pada satu level. Awan itu juga, kata dia, dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk tidak panik dengan adanya kemunculan awan Arcus. Kendati demikian, dia meminta nelayan untuk tidak pergi melaut hingga awan tersebut hilang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US