Wujudkan Sumut Bersih, Gubsu Jalin Kerja Sama Pengolahan Sampah dengan Jepang
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (kanan) berbicara dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji yang berkunjung ke Sumut (ANTARA-HO/Diskominfo Sumut)
News
Kota Medan

Wujudkan Sumut Bersih, Gubsu Jalin Kerja Sama Pengolahan Sampah dengan Jepang

Sabtu, 27 November 2021 10:25 WIB 27 November 2021, 10:25 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi menjalin kerja sama pengolahan sampah dengan Pemerintah Jepang. Hal itu dilakukannya guna mewujudkan Sumut bersih, mengingat sampah masih menjadi masalah utama di Sumut.

Ia mengaku kerja sama tersebut sudah dibicarakan saat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia di Medan, Jumat (26/11).

"Keinginan itu sudah kita dibicarakan," ujarnya seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Sabtu (27/11/2021). 

Ia menuturkan Pemprov Sumut benar-benar ingin mencontoh kebersihan di Jepang yang penanganan sampahnya cukup bagus. Selain itu, ia juga berharap Jepang meningkatkan investasi di berbagai bidang di Sumut.

"Sampah masih menjadi masalah di daerah Sumut, khususnya saat curah hujan tinggi. Karena itu harapannya dengan kerja sama ini Sumut bisa keluar dari masalah sampah dan bahkan diharapkan mendatangkan pendapatan baru dari hasil pengolahan sampah itu," jelasnya.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji menyambut baik rencana kerja sama di bidang pengolahan sampah tersebut.

"Jepang tertarik dengan ajakan kerja sama itu dan siap menjajakinya. Pengelolaan sampah sangat bagus karena berhubungan dengan perbaikan lingkungan, terutama dalam kesehatan sehingga Pemerintah Jepang akan segera menindaklanjuti rencana kerja sama tersebut," ujarnya. 

Konjen Jepang di Kota Medan, ujar Kanasugi lagi, akan mempelajari kerja sama yang cocok dalam pengelolaan sampah tersebut.

"Danau Toba yang akan menjadi salah satu tempat tujuan para tamu Konferensi Tingkat Tinggi G20 merupakan momentum Sumut untuk menunjukkan pengelolaan sampah yang bagus. Hal itu bisa sekaligus juga menunjukkan potensi bisnis di Sumut kepada pemerintah negara yang hadir di KTT G20," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US