Budayawan: Keragaman Corak Batik Mandailing Masih Terbatas
Salah satu ide desain batik Mandailing. (ANTARA/HO)
News
Kab. Mandailing Natal

Budayawan: Keragaman Corak Batik Mandailing Masih Terbatas

Minggu, 08 Maret 2020 08:00 WIB 08 Maret 2020, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Budayawan Mandailing, Askolani menyebut corak-corak batik Mandailing sekarang itu masih cukup sederhana dan masih terbatas. Oleh sebab itu, batik ini perlu dikembangkan dengan desain yang lebih menarik.

"Corak yang ada hanya sebatas corak yang mengacu kepada ulos dan busana pengantin adat Mandailing saja. Misalnya corak ampu, bulang dan lain-lain," kata Askolani seperti dikutip dari ANTARA, Senin (2/3/2020).

Askolani menilai corak-corak batik Mandailing motif maupun pilihan warna dan proporsi lain pada batik Mandailing perlu dikembangkan. Selain itu, masih banyak khazanah ornamen yang bisa dijadikan ide dalam mendesain corak batik Mandailing.

"Ada ribuan pola dan motif yang bisa kita kembangkan berdasarkan kekhasan budaya Mandailing. Bukan hanya terbatas pada pola ulos dan busana pengantin saja," ujarnya.

Misalnya pola Bolang, relief situs-situs arkeologi, dan lain-lain. Salah satu situs arkeologi Mandailing yang bisa didjadikan sebagai motif pada batik Mandailing yakni Situs Padang Mardia, Huta Siantar, Panyabungan. Situs ini memiliki jejak masa Hindu-Budha, Islam, bahkan Megalitikum. Berbagai pahatan dan relief di situs ini bisa dijadikan referensi desain yang menarik pada desain batik Mandailing.

Kemudian pola bunga Padma (Teratai Merah) yang terdapat pada sebuah artefak di Situs Padang Mardia. Pola itu ditemukan juga di berbagai candi di Indonesia. Pola Padwa dengan desain yang lebih lentur, kemudian dipadukan dengan motif Bolang pada beberapa Bagas Godang di Mandailing juga bisa dijadikan referensi desain batik Mandailing.

Menurut Askolani, banyaknya khazanah ornamen daerah tersebut bisa dijadikan sebagai ide desain untuk pengembangan Batik Mandailing dan tidak hanya sebatas pewarisan nilai budaya saja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US