Tak Mau Ada Konser saat Pilkada, Gubernur Edy: Kampanye Pakai Aplikasi Zoom Aja
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. (Instagram/edy_rahmayadi)
News
Kota Medan

Tak Mau Ada Konser saat Pilkada, Gubernur Edy: Kampanye Pakai Aplikasi Zoom Aja

Kamis, 17 September 2020 14:34 WIB 17 September 2020, 14:34 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi tidak ingin melihat adanya konser musik saat kampanye Pilkada 2020 di Sumut. Sebab di tengah pandemi saat ini, dia menilai konser musik rawan terhadap penyebaran virus corona.

"Saya pastikan dan saya dukung KPU dan tidak boleh ada konser," kata Edy, Kamis (17/9).

Untuk itu, Edy meminta para calon yang maju di panggung Pilkada tahun ini berkampanye dengan cara lain, yakni dengan kampanye secara online dengan menggunakan aplikasi teleconference.

"Dalam kondisi Covid-19 ini, tolong pakai Zoom saja kampanye-nya," ujar dia.

Selain itu, Edy juga menyarankan para calon di Pilkada tahun ini lebih baik menggelar doa daripada konser. Sebab, berdoa bisa menjadi salah satu usaha meraih kemenangan.

"Atau pakai doa saja, minta sama Tuhan biar dia menang," ucapnya.

Sebelumnya, KPU mengizinkan konser musik dalam salah satu kegiatan berkampanye politik. Kegiatan kampanye tersebut tertuang dalam dalam PKPU 10 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU 6 tahun 2020 terkait pelaksanaan pilkada dalam kondisi bencana nonalam.

Pada PKPU tersebut, di pasal 63 ayat 1 disebutkan beberapa kegiatan yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan undang-undang, salah satunya konser musik.

Namun, hal tersebut justru menjadi sorotan Satgas Penanganan Covid-19.

"Beberapa hal yang perlu kita cermati, terutama masalah protokol kesehatan. Soal masih dibolehkannya konser musik dan perlombaan di pasal 63," ujar Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Wisnu Widjaja, pada acara 'Evaluasi Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 dalam Pemilihan Serentak 2020' pada beberapa waktu lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU