Berharap Datangkan Investor Lebih Banyak, Kawasan Industri Medan Ditambah 1.600 Hektare
Aktivitas bongkar muat kapal laut di dermaga Pelabuhan Belawan. (Antara)
News
Kota Medan

Berharap Datangkan Investor Lebih Banyak, Kawasan Industri Medan Ditambah 1.600 Hektare

Jumat, 15 Januari 2021 09:54 WIB 15 Januari 2021, 09:54 WIB

INDOZONE.ID - Kawasan industri yang berada di Medan Utara ditambah 1.600 hektare. Hal itu tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) No.13/2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Medan Tahun 2011-2031.

"Kawasan Medan utara, nantinya ada penambahan 1.600 hektare untuk kawasan industri. Peruntukan kawasan industri bukan hanya industri, tetapi juga ada pemukiman, pariwisata, dan lain sebagainya," ucap Ketua Pansus RTRW DPRD Kota Medan, Dedy Aksyari Nasution seperti dilansir dari Antara, Jumat (15/1).

Dedy mengatakan dengan adanya penambahan tersebut, maka diharapkan dapat mendatangkan investor lebih banyak sehingga bisa mengatasi permasalahan pengangguran.

Selain itu, penambahan lahan itu juga tidak hanya untuk industri, tetap juga untuk pariwisata, pemukiman, dan lain sebagainya.

"Kita dalam rapat pansus hanya memfokuskan ke ruang terbuka hijau, rencana jaringan jalan, 'transit oriented development/TOD', antisipasi banjir rob belawan, sistem jaringan pejalan kaki, dan kawasan peruntukan industri," terang Dedy.

Nantinya, kata Dedy, dengan adanya perubahan kawasan industri dapat menjadikan Medan Belawan menjadi salah satu kota baru dengan tingkat mobilitas yang tinggi di Kota Medan.

"Di Belawan selain jalan tol, bakal ada LRT dan TOD. Sekarang ini kita menunggu jawaban Pemkot Medan dari pertanyaan kita tentang 40,35 hektare sepadan pantai. Apakah mau dijadikan kawasan budidaya manggrove, atau lokasi penahan banjir rob," ujar Dedy.

Artikel Menari Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US