Bank Indonesia Sebut Harga Komoditas Pangan Strategis di Sumut Belum Mengkhawatirkan
Ilustrasi komuditas pangan sumut (Pixabay)
News
Kota Medan

Bank Indonesia Sebut Harga Komoditas Pangan Strategis di Sumut Belum Mengkhawatirkan

Jumat, 06 Agustus 2021 10:12 WIB 06 Agustus 2021, 10:12 WIB

INDOZONE.ID - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan perkembangan harga 10 komoditas pangan strategis di Sumatera Utara pada Juli 2021 masih berada pada "range" tiga tahun terakhir (2018-2020) sehingga belum mengkhawatirkan.

Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Sumut  Poltak Sitanggang mengatakan memang ada kenaikan harga sejumlah komoditas pangan, namun masih terkendali.

"Meski ada tren kenaikan harga pada beberapa komoditas pangan seperti cabai merah, bawang merah, minyak goreng dan gula pasir, namun masih terkendali," ujarnya di Medan, Kamis (5/8/2021).

Dikutip dari Antara, kata Poltak kenaikan harga minyak goreng, sejalan dengan kenaikan harga minyak sawit mentah. Ada pun kenaikan harga cabai merah karena produksi yang berkurang dampak masih belum panen.

"Yang pasti, perkembangan harga 10 komoditas pangan strategis di Sumut pada Juli 2021 masih berada pada 'range' tiga tahun terakhir," ujarnya.

Bahkan, harga telur ayam telah berangsur turun seiring dengan normalisasi produksi dan permintaan meski masih berada di atas "range" dipicu harga pakan ternak yang masih tinggi.

Diharapkan harga bisa terus dikendalikan agar inflasi yang diperkirakan lebih tinggi dari tahun 2020 bisa ditekan.

Poltak pun mengakui, BI memang memprediksi inflasi Sumut di 2021 akan lebih tinggi dari 2020 atau berada pada rentang target nasional 3 plus minus 1 persen dengan potensi bias ke bawah.

Menurutnya, kenaikan inflasi tersebut didorong oleh pemulihan ekonomi nasional yang didukung program vaksinasi, serta potensi peningkatan perekonomian dari dibangkitkannya sektor otomotif, hotel, restoran, dan kafe.

Artikel Menarik Lainnya:

Tersandung Kasus Korupsi Mantan Bendahara BNN Sumut Terancam 4 Tahun Penjara
Laka Maut di Tebingtinggi, Pemotor Tewas Terlindas Bus, Sopir Melarikan Diri
Sembunyikan Sabu di Atas Seng, Pria di Tebing Tinggi Tak Luput dari Kejaran Polisi

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US