Viral Video Momen Soeharto Berbicara Pakai Bahasa Inggris dengan Presiden Reagan
Presiden RI ke-2 Soeharto. (Tangkapan layar)
News
Nasional

Viral Video Momen Soeharto Berbicara Pakai Bahasa Inggris dengan Presiden Reagan

Selasa, 04 Agustus 2020 13:23 WIB 04 Agustus 2020, 13:23 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah  video yang memperlihatkan Presiden Soeharto berbicara memakai bahasa Inggris dengan Presiden AS ke-40 Ronald Reagan menjadi viral di media sosial. Video itu pun menuai pujian dari warganet.

Dalam cuplikan video berdurasi singkat itu, terdengar Soeharto dan Reagan tengah membicarakan musim di Indonesia. Namun pembicaraan keduanya tidak terdengar secara  jelas.

"Oh is the ... it is big season in Indonesia, bad...season in the rain... season, six months," ucap Soeharto.

Diketahui, momen itu berasal dari video dokumentasi kedatangan Soeharto ke AS pada 12 Oktober 1982. Video itu merupakan bagian dari arsip resmi Reagen Library. 

Dalam kunjungannya ke Gedung Oval, Gedung Putih, Washington DC, Soeharto menyampaikan pidato yang berisi tentang maksud tujuan kunjungannya, salah satunya untuk bertukar pikiran soal ekonomi. Saat itu, Soeharto berpidato dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Terkait penggunaan bahasa Indonesia, hal itu memang biasa dilakukan Soeharto di forum internasional. Alasannya karena ingin membudayakan bahasa Indonesia.

Sehingga ketika Soeharto terekam tengah berbicara bahasa Inggris di pertemuan internasional, maka hal itu menjadi momen yang menarik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US