Sungai Batang Toru Tapsel Meluap, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir
Seorang bocah tampak bermain air di sekitaran rumah tinggalnya yang terendam banjir di Kampung Sibara-bara, Desa Simataniari, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (ANTARA/HO-Dokumen pribadi)
News
Kab. Tapanuli Selatan

Sungai Batang Toru Tapsel Meluap, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

Kamis, 16 Desember 2021 15:31 WIB 16 Desember 2021, 15:31 WIB

INDOZONE.ID - Puluhan rumah warga di Dusun II Muara Pardomuan dan Dusun III Setia Budi, Desa Simataniari, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) terendam banjir. Peristiwa tersebut terjadi akibat luapan Sungai Batang Toru pada Kamis (16/12) pagi.

"Air mulai naik dan merendam rumah-rumah warga mulai subuh tadi, sekarang ketinggian air ada yang sudah mencapai satu meter," kata Kepala Desa Simataniari, Habibullah Harahap, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Kamis (16/12/2021).

Ia menjelaskan banjir juga turut merendam sejumlah fasilitas umum, salah satunya sekolah. 

"SD Negeri Tindoan Laut dan SMP Negeri 2 juga ikut terendam sampai anak-anak tidak bisa sekolah. Tapi alhamdulillah, hingga saat ini tidak ada korban. Hanya saja air semakin naik," ujarnya.

Ia melanjutkan air yang merendam desa tersebut merupakan tumpahan dari Sungai Batang Toru dan Sungai yang sama-sama meluap. Namun hingga kini pihaknya sudah berusaha menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk meminta bantuan. 

"Kita juga sudah infokan pagi ini ke pihak BPBD dan Pak Camat," bebernya.  

Diketahui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Utara pada Kamis (16/12) juga sudah mengingatkan sejumlah daerah termasuk Tapanuli Selatan cukup berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Potensi cuaca tersebut dapat terjadi di  seperti wilayah SD Hole, Muara Batang Toru, Batang Toru, Angkola Barat, Marancar, Sipirok, dan Angkola Timur yang saat ini mengalami banjir. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US