Menko Luhut Pandjaitan Tinjau Kesiapan Lahan Pusat Riset Herbal di Humbang Hasundutan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau lahan yang akan dikembangkan sebagai Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) di Humbahas. (Antara)
News
Kab. Humbang Hasudutan

Menko Luhut Pandjaitan Tinjau Kesiapan Lahan Pusat Riset Herbal di Humbang Hasundutan

Jumat, 12 Februari 2021 14:10 WIB 12 Februari 2021, 14:10 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau kesiapan lahan yang akan dikembangkan sebagai Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2).

Lahan tersebut berada di Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

"Indonesia memiliki 30.000 spesies herbal, oleh karenanya Presiden ingin ada satu pusat riset herbal berkelas dunia, yang saat ini sedang kita kembangkan bersama dengan BPPT dan lima universitas yang dipimpin oleh IT Del," kata Luhut dikutip dari Antara, Jumat (12/2).

Luhut mengatakan di pusat herbal tersebut akan dilakukan penelitian pengembangan bibit-bibit hortikultura yang berkualitas tinggi.

"Kawasan ini akan menjadi pusat bibit herbal dan hortikultura yang hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat," tambahnya.

Pusat bibit tersebut juga akan mendukung program ketahanan pangan seluas 2.000 hektare yang selanjutnya akan dibangun di sekitar lokasi tersebut.

Nantinya juga akan dibangun jalan yang dapat mengintegrasikan antara kawasan food estate, kebun raya, dan TSTH2.

Pembangunan jalan akan mulai ditangani pada Maret 2021 dan ditargetkan akan dapat terhubung pada Mei 2021 dan selesai pada Juli 2021.

Di kawasan tersebut juga akan dibangun fasilitas pendukung TSTH2, laboratorium, taman koleksi, pembenihan dan penelitian, silvopastura, wisata alam, wisata buatan, kantor, mes bagi peneliti, serta guest house.

"Saya harap kita bisa tanam bibit bagus dan unggul disini, sehingga kita bisa bangga katakan ini bibit dari Pollung. Untuk itu, diharapkan masyarakat dan pemerintah harus saling bekerja sama, dan yang terpenting bekerja dengan hati," tutup dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US