Di Tengah Pandemi Ini, Pemko Medan Ajak Warga Belanja Secara Daring
Ilustrasi belanja daring. (Istimewa)
News
Kota Medan

Di Tengah Pandemi Ini, Pemko Medan Ajak Warga Belanja Secara Daring

Rabu, 21 Oktober 2020 15:08 WIB 21 Oktober 2020, 15:08 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Kota Medan mengajak masyarakat untuk berbelanja secara daring sebagai upaya mengurangi penyebaran virus corona.

Sebab, berdasarkan hasil kajian pemulihan ekonomi yang dilakukan tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Medan menyebutkan bahwa masih banyak masyarakat yang enggan berbelanja secara daring di tengah pandemi ini.

Padahal, kegiatan berbelanja secara daring dapat mengurangi risiko penularan virus corona dan bisa menjadi salah satu cara memutus rantai penyebaran virus corona di Kota Medan.

Melansir Antara, Rabu (21/10), hal itu disampaikan Kepala Balitbang Kota Medan Purnama Dewi pada diskusi kelompok terpumpun guna meningkatkan minat masyarakat belanja secara daring di tengah pandemi Covid-19 di Medan, Selasa (20/10).

"Saya berharap FGD (Focus Group Discussion) ini nantinya dapat menghasilkan solusi dan masukan untuk Pemkot Medan dalam meningkatkan minat masyarakat belanja secara 'online' (daring) di era pandemi Covid-19," ucap dia.

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Isfenti Sadalia menilai bahwa masyarakat kurang berminat belanja secara daring karena kurangnya kepercayaan terhadap produk yang dijual.

Selain itu, masyarakat masih merasa sulitnya berbelanja secara daring dengan berbagai tahapan yang dilakukan.

"Para pengusaha atau penjual harus memberikan jaminan atas kualitas produk yang dijual, kemudahan proses pembayaran, pemberian promo/diskon, percepatan waktu pengiriman, dan garansi dari proses belanja 'online', seperti garansi jika barang rusak atau tidak sampai kepada pembeli," ujar Isfenti.

Sementara itu, Laksamana Putra Siregar dari Dinas Kominfo Medan selaku pembanding dalam diskusi tersebut, mengatakan banyaknya pengguna telepon pintar dan media sosial berperan besar dalam meningkatkan belanja secara daring.

Oleh karena itu, katanya, para penjual harus bisa berimprovisasi dengan memanfaatkan peluang untuk melakukan promosi produk dengan media sosial.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US