Harimau Sumatra Masih Menganggu Ternak di Aceh Timur, Sudah Ada yang Jadi Mangsa
Harimau Sumatra. / istimewa
News
Nasional

Harimau Sumatra Masih Menganggu Ternak di Aceh Timur, Sudah Ada yang Jadi Mangsa

Rabu, 13 Januari 2021 16:28 WIB 13 Januari 2021, 16:28 WIB

INDOZONE.ID - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menangani laporan masyarakat terkait gangguan harimau sumatra (panthera tigris) yang dilaporkan memangsa ternak di Kabupaten Aceh Timur.

Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto di Banda Aceh, Rabu (13/1/2021), mengatakan tim Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA bersama mitra sudah berada di lokasi untuk memastikan gangguan satwa dilindungi tersebut.

"Tim sudah di lokasi untuk mengecek laporan masyarakat terkait gangguan harimau. Termasuk ada ternak warga yang dilaporkan dimangsa harimau," kata Agus Arianto dikutip dari Antara.

Sebelumnya, ada laporan gangguan harimau di perkebunan masyarakat di Desa Punti, Kecamatan Ranto Payong, Kecamatan Ranto Perlak, Aceh Timur. Kemudian, ada lagi laporan sapi warga di Desa Julok Rayeuk, Kecamatan Indra Makmur, Aceh Timur, juga dimangsa harimau.

Agus Arianto belum bisa memastikan apakah gangguan satwa dilindungi itu di dua tempat tersebut dengan harimau yang sama atau harimau berbeda.

"Tim bersama mitra masih di lokasi melacak keberadaan keberadaan harimau yang dilaporkan berkeliaran di sekitar perkebunan masyarakat di pedalaman Kabupaten Aceh Timur tersebut," kata Agus Arianto.

Sebelumnya, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh Kamaruzzaman mengatakan pihaknya bersama mitra sudah mendatangi lokasi gangguan harimau yang dilaporkan masyarakat.

"Tim dibantu mitra dari WCS, kepolisian, dan TNI sudah mendatangi lokasi guna mengecek laporan masyarakat terkait keberadaan harimau," kata Kamaruzzaman.

Dari hasil pengecekan, kata Kamaruzzaman, tim tidak menjumpai jejak harimau karena kondisi di lapangan hujan. Hujan menyebabkan kemungkinan jejak harimau terhapus.

"Terkait laporan adanya serangan harimau terhadap ternak warga, kami belum bisa memastikan apakah luka yang dialami lembu masyarakat karena serangan harimau atau tidak," kata Kamaruzzaman.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US