Survei: Pemilih Bersedia ke TPS saat Pilkada Medan Asal Ada Jaminan Protokol Kesehatan
Surat suara Pilkada Kota Medan. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
News
Kota Medan

Survei: Pemilih Bersedia ke TPS saat Pilkada Medan Asal Ada Jaminan Protokol Kesehatan

Selasa, 24 November 2020 18:36 WIB 24 November 2020, 18:36 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah hasil survei terbaru menyebutkan pemilih bersedia datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya saat Pilkada Medan asalkan ada jaminan protokol kesehatan dari pihak penyelenggara.

Survei bertajuk Partipasi Politik dan Persepsi Masyarakat Kota Medan Terhadap Pelaksanaan Pilkada di Masa Pandemi Covid-19 itu digelar oleh Laboratorium Sosial dan Politik FISIP UMSU Medan.

Proses survei dilakukan pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 dengan melibatkan sebanyak 1.100 orang yang tersebar secara proporsional di 21 kecamatan dan 151 kelurahan di Kota Medan.

"Ini merupakan salah satu hasil Survei Pilkada Medan 2020 yang kami lakukan," kata Kepala Laboratorium Sosial dan Politik FISIP UMSU Medan, Sigit Hardiyanto, M.IKom melansir Antara, Selasa (24/11).

Survei tersebut memiliki beberapa temuan yang menarik. Misalnya saja, sebanyak 50,3 persen responden menyatakan akan hadir ke TPS dengan mempertimbangkan keamanan dan protokol kesehatan yang disiapkan oleh penyelenggara.

Kemudian, sebanyak 58,3 persen responden menyatakan Pilkada Serentak 2020 harus tetap dilaksanakan meskipun di tengah kondisi Pandemi Covid-19.

Lalu, sebanyak 87,7 persen responden menyatakan bahwa upaya mengurangi penyebaran Covid-19 merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat.

"Meski demikian, dalam wawancara lanjutan, banyak responden berharap KPU Medan sebagai penyelenggara bisa menjamin terlaksananya protokol kesehatan saat mencoblos di TPS dan tersedianya berbagai sarana yang dibutuhkan agar terhindar dari wabah Covid-19," terang Sigit Hardiyanto.

Sigit menambahkan, meski dari hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat tidak percaya bahwa Pilkada akan memunculkan klaster baru Covid-19, dia berharap semua masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US