42 Rumah di Simalungun Tertimbun Longsor, Warga Cemas Setiap Kali Hujan
Ilustrasi longsor. / istimewa
News
Kab. Simalungun

42 Rumah di Simalungun Tertimbun Longsor, Warga Cemas Setiap Kali Hujan

Minggu, 29 November 2020 16:02 WIB 29 November 2020, 16:02 WIB

INDOZONE.ID - 42 rumah di Nagori Nagori Bayu Muslimin, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara tertimbun longsor, Sabtu (28/11/2020) kemarin.

Kepala Desa Nagori Bayu, Ahmad Simbolon menyebutkan longsor terjadi akibat hujan deras yang melanda kawasan itu beberapa hari terakhir hingga Sabtu (28/11/2020). Longsor awal hanya menimpa 20 rumah, lalu kemudian terjadi lagi longsor susulan.

"Belum tuntas pembersihan longsor yang dilakukan dari unsur kecamatan dan warga, hujan datang lagi. Sebanyak 22 rumah warga lainnya terdampak dan tertimbun," ucap Ahmad Simbolon.

Ahmad berharap Pemkab Simalungun memberikan bantuan kepada warga yang terdampak dan mencari solusi agar bencana ini tak lagi terjadi. Sebab ketakutan warga kian besar, terutama saat hujan melanda kawasan tempat tinggal mereka.

"Longsor hampir setiap tahun selalu menimpa warga di desa ini," katanya.

Sekretaris Daerah Simalungun Mixnon Andreas Simamora menyebutkan bantuan berupa bahan makanan pokok kepada masyarakat terdampak longsor segera diberikan.

Pemerintah kabupaten akan tentukan langkah antisipasi longsor berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait dan konsultan untuk penanganan sungai yang menyempit.

"Penanaman pohon tanaman keras pada perbukitan yang mengelilingi desa menjadi langkah alternatif untuk pencegahan erosi," katanya.

Dia juga mengimbau agar masyarakat yang bermukim di pinggiran tebing perbukitan untuk sementara waktu mengungsi ke tempat yang aman.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US