Terima Kunjungan Kerja BPIP RI, Ijeck: Semoga Kita jadi Majikan di Rumah Sendiri
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menerima kunjungan kerja rombongan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Deputi Bidang Hubungan Antarlembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan, Pra
News
Kota Medan

Terima Kunjungan Kerja BPIP RI, Ijeck: Semoga Kita jadi Majikan di Rumah Sendiri

Rabu, 10 November 2021 09:23 WIB 10 November 2021, 09:23 WIB

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah menerima kunjungan kerja rombongan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia (RI) yang dipimpin  Deputi Bidang Hubungan Antarlembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan, Prakoso, di Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (9/11/2021).

Dalam kunjungan, Prakoso menyampaikan, bahwa kunjungan dilakukan tak lain untuk menjalin silaturahmi dengan pemerintah daerah serta untuk melihat nilai Indeks Aktualisasi Pancasila (IAP) di Sumut, dan kemudian memberikan pembinaan atau penguatan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat melalui beberapa rangkaian kegiatan.

"Tadi kami telah melakukan forum diskusi dengan lintas agama, kemudian nanti kita berencana mau ke beberapa desa di Pematang Siantar. Sebelumnya kami yakin dan melihat kalau indeks sila pertama Pancasila, Ketuhanan yang Maha Esa di Sumut ini sudah sangat mantab," ujar Prakoso seperti yang dikutip Indozone, Rabu, (10/11/2021).

Lanjutnya, untuk pembinaan Pancasila untuk masyarakat khususnya di Sumut tidak dapat dilakukan sendiri oleh BPIP, untuk itu pihaknya berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut ambil bagian dalam hal ini.

Menanggapi hal ini, Musa Rajekshah menyampaikan pihaknya siap melakukan kerja sama membangun gotong royong nasional penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pembinaan Ideologi Pancasila.

"Kalaulah semua masyarakat memahami Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari, maka bangsa ini tidak ada yang berkelahi dan semua sejahtera. Dulu saya waktu SD ada pelajaran Pendidikan Moral Pancasila dengan materi pendidikan P4 Pedoman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, dan ini saya anggap penting dan harus terus diingatkan lagi kepada generasi sekarang," kata Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Lanjutnya menyampaikan, dalam pembinaan nilai-nilai Pancasila yang menjadi kendala besar adalah kemiskinan dan ketimpangan sosial.

"Akibat masalah ini masyarakat  tidak lagi mempermasalahkan nilai-nilai Pancasila. Jadi gampang dipengaruhi hanya dengan materi misalnya saat memilih kepala daerah atau lingkup lingkungannya. Saya juga sudah sampaikan agar Muspida bersama-sama terus memberikan edukasi dan memang ini jadi PR kita semua," katanya.

Dikatakannya, dia sangat menyambut baik kunjungan kerja BPIP dan berharap bisa menjadi semangat untuk jajaran Pemprov Sumut untuk terus meningkatkan kualitas, khususnya dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

 "Kami sangat senang dan semoga jadi semangat dan dengan pemahaman ideologi Pancasila ini semoga kita bisa jadi majikan di rumah kita sendiri," tutup Ijeck.

Untuk diketahui, dalam kunjungan ini Prakoso didampingi Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Antonius Benny Susetyo, Direktur Pembudayaan Irene Camelyn Sinaga, Direktur Hubungan Antarlembaga Elfrida Siregar, Anggota Tim Perumus IAP Martin Lukito Sinaga, Direktur CSRC UIN Jakarta Idris Hemay beserta rombongan FKUB Lintas Agama Islam, Protestan, Katolik, Budha dan Hindu.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Aqmarul Akhyar
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US