Rp35 Miliar Anggaran Dialokasikan Pemkot Medan untuk Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau drainase di Jalan Puskesmas, Kelurahan Tanjung Gusta (Ilustrasi/Instagram/Bobbynst)
News
Kota Medan

Rp35 Miliar Anggaran Dialokasikan Pemkot Medan untuk Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai

Senin, 13 September 2021 15:20 WIB 13 September 2021, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp35 miliar untuk ganti rugi lahan masyarakat yang terdampak normalisasi sungai. Diketahui tiga sungai di Kota Medan yang akan dinormalisasi oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II.

"Kami sudah menyiapkan anggaran Rp35 miliar lebih untuk (pembebasan lahan) tiga sungai itu," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution, Senin (13/9/2021).

Mengutip dari Antara, alokasi anggaran Rp35 miliar itu ditampung pada perubahan anggaran pendapatan belanja daerah (P-APBD) tahun anggaran 2021.

Disebutkan oleh Bobby ketiga sungai yang diproyeksikan untuk dilakukan normalisasi antara lain Sungai Bederah, Sungai Babura dan Sungai Deli. 

Normalisasi sungai dilakukan sebagai salah satu upaya Pemkot Medan dalam menangani masalah banjir.

Dari tiga sungai tersebut, Bobby mengakui yang kemungkinan pertama kali dinormalisasi adalah Sungai Deli. Pemilihan sungai tersebut berdasarkan kajian dari konsultan.

"Kemarin kita baru rapat dengan provinsi dan BWS, ini ada tiga sungai yang ditetapkan, kemungkinan yang dikerjakan pertama kali Sungai Deli. Ini memungkinkan yang dikerjakan pertama kali tahun ini," jelasnya.

Sedangkan untuk normalisasi Sungai Bederah, kata dia, akan juga melibatkan Pemkab Deli Serdang. Sebab, hilir sungai tersebut ada di wilayah Deli Serdang.

"Ini sudah kami komunikasi juga. Kemarin provinsi akan mendudukkan Deli Serdang, kalau ini sudah dikerjakan mohon dihilir dikerjakan, kami sudah siap," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Selamat! PDAM Tirtanadi Raih TOP BUMD Awards 2021 Kategori Bintang 5
Potret Gubsu Edy Nikmati Nasi Bungkus Ketika Jelajahi Tuntungan
Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Sumut, Gubsu Edy: Kita Harus Selalu Waspada
 

TAG
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU