15 Desa di Tiganderket Karo Terdampak Abu Vulkanik Gunung Sinabung
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Kuta Rakyat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (2/3). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)
News
Kab. Karo

15 Desa di Tiganderket Karo Terdampak Abu Vulkanik Gunung Sinabung

Selasa, 02 Maret 2021 13:03 WIB 02 Maret 2021, 13:03 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 15 desa yang berada di Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung yang erupsi pada Selasa (2/3) pagi.

Abu vulkanik yang dibawa oleh angin ke arah selatan itu menghujani rumah-rumah warga dan lahan pertanian.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali erupsi pada Selasa (2/3) sekira pukul 6.42 WIB. Erupsi itu diikuti dengan guguran awan panas sejauh 2 kilometer yang mengarah ke timur dan tenggara.

Petugas Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra menyebutkan guguran awan panas tercatat dengan amplitudo 120 mm dengan durasi gempa selama 229 detik.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi, baik warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Selanjutnya, pada radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar masyarakat mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US